Waspadai Sindrom Kelelahan Kronis

WASPADAI: Sindrom kelelahan kronis dapat menyerang pria dan wanita. Waspadai sindrom ini sejak dini dengan mengenali gejalanya.

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome adalah kondisi yang membuat orang merasa lelah pada sebagian besar atau sepanjang waktu. Gejala sering meliputi nyeri otot dan sulit berkonsentrasi yang berlangsung selama setidaknya 6 bulan. Gejala bisa datang dan pergi sepanjang periode, dan banyak orang dapat memiliki masalah serius, termasuk tidak dapat bekerja.

Dengan kebiasaan gaya hidup yang baik, banyak orang penderita sindrom ini yang muncul setelah infeksi virus, biasanya membaik atau sembuh total setelah 2-3 tahun.   Sindrom kelelahan kronis cukup umum terjadi dan lebih banyak mempengaruhi wanita daripada pria.

Penyebabnya tidak diketahui. Beberapa orang percaya bahwa ini adalah komplikasi infeksi virus, tapi tidak ada virus yang telah teridentifikasi. Respon terhadap infeksi pada sistem kekebalan tubuh (sistem yang melawan infeksi) yang abnormal atau stres mungkin berperan dalam sindrom ini.

Ada banyak faktor risiko yang meningkatkan risiko sindrom kelelahan kronis seperti:

Umur: antara 40-50 tahun. Jenis kelamin: wanita lebih sering terkena penyakit ini daripada pria.

Stres: di bawah situasi yang membuat Anda tertekan yang tidak mungkin langsung hilang.

Tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkan, tapi perawatan yang mendukung dari dokter dan anggota keluarga sangat penting. Dokter mungkin meresepkan obat anti radang untuk membantu meredakan nyeri otot. Antidepresan mungkin juga diberikan. Dokter mungkin akan menyarankan program olahraga dan diet seimbang. Konseling dan terapi kebiasaan mungkin membantu orang hidup dengan sindrom ini.

Tidak ada tes khusus yang dapat mendiagnosis penyakit ini. Dokter membuat diagnosis setelah mencatat gejala khusus yang berlangsung selama setidaknya 6 bulan: kelelahan berkepanjangan tanpa sebab yang tidak dapat hilang dengan beristirahat, mengakibatkan berkurangnya aktivitas secara drastis.

Gejala lain termasuk masalah pada ingatan atau konsentrasi, sakit tenggorokan, node limfa yang lunak (kelenjar yang membengkak), nyeri otot, sakit kepala, nyeri pada banyak sendi, dan tidak dapat tidur nyenyak.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan mungkin membantu mengatasi sindrom kelelahan kronis.Seperti  mengikuti saran dokter,    berpikir positif, berolahraga sesuai dengan rekomendasi dokter, jangan berolahraga terlalu keras,    diet seimbang, rendah lemak, dan tinggi serat dan   jangan cepat putus asa jika pengobatan tidak langsung bekerja.(halosehat)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid