Waspadai Politik Uang di Pilkades

Salmun Rahman  (  Dok/Radar Lombok)

SELONG – Pilkades serentak di 53 desa di Lombok Timur akan digelar Rabu (12/3).  Para calon Kades yang akan bertarung diminta untuk tidak menggunakan politik uang. Terutama menjelang hari pencoblosan.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lombok Timur  Salmun Rahman. Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam Pilkades serentak ini  berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya membuat deklarasi  Pilkades damai dengan para calon. Dalam deklarasi disepakati berbagai hal mulai dari menjaga keamanan  termasuk juga tidak menggunakan politik uang.” Apa yang telah di deklarasikan maka itu harus dijalankan dan dilaksanakan,” kata Salmun Rahman.

Baca Juga :  Juaini Taofik Dianggap Paling Tepat Jadi Penjabat Bupati Lotim

Berkaitan dengan saksi  kalau ditemukan ada pelanggaran, memang tidak ada  ketentuan yang berlaku. Terlebih lagi Pilkades ini bukan ranahnya Bawaslu. Yang jelas kalau ditemukan ada indikasi pelanggaran di lapangan maka itu akan menjadi tugas pengawas Pilkades kecamatan untuk memberikan teguran.” Memang tidak ada sangsi untuk di proses hukum,” terangnya.

Jelang Pilkades ini ujarnya Panitia kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) termasuk juga panitia tingkat desa telah mulai mempersiapkan berbagai kelengkapan. Salah satunya  kelengkapan logistik yang akan disiapkan  untuk pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). Baik itu kotak suara, bilik suara dan lainnya.

Baca Juga :  Jelang Panen Raya, Harga Gabah Anjlok

Diketahui, dari 53 desa yang akan menggelar  Pilkades semuanya saat ini sedang masuk masa hari tenang. Panitia Pilkades telah mulai melalukan penertiban baliho maupun stiker para calon Kades. Termasuk juga melarang  para timses dan calon untuk tidak melakukan kampanye terselubung.” Logistik untuk Pilkades telah kita siapkan. Dan pendistribusian logistik  oleh panitia ke masing- masing TPS akan mulai dilakukan tanggal 14 Maret 2023. Untuk logistik kotak suara dan bilik suara imbuh dia  panitia kabupaten telah mendistribusikannya ke masing-masing desa sejak beberapa hari lalu,” tutupnya.(lie)

Komentar Anda