Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

WASPADAI : Belum lama ini diwilayah Mataram dan Lombok Barat saat diguyur hujan dan angin kencang banyak pohon tumbang.(ist/dok)

MATARAM–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid mengeluarkan prakiraan cuaca wilayah NTB dalam dua hari ke depan.

Cuaca umumnya diperkirakan cerah berawan hingga hujan lebat. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat,Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima. Suhu udara berkisar antara 22 derajat celcius sampai 32 derajat celsius. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecapatan angin maksimum mencapai 35 km/jam. ” Waspadai adanya potensi peningkatan kecapatan angin dan potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara,Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima dan Dompu pada siang hingga malam hari,” terang Kepala Stasiun Meteorologi ZAM melalui prakirawan Desi Megawati.

Sementara itu tinggi gelombang mencapai 0,5 meter sampai 4,0 meter. Ketinggian gelombang di Selat Lombok Bagian Selatan mencapai 2,5-4,0 meter. Ketinggian gelombang serupa juga berpotensi terjadi di Selat Alas Bagian Selatan serta Samudra Hindia Selatan NTB. ” Waspadai tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok Bagian Utara dan Selatan, Selat Alas Bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan NTB dan Selat Sape,” terangnya. (rl)