Waspada Penyakit di Musim Hujan

dr Nurhandini Eka Dewi
dr Nurhandini Eka Dewi.( FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTB mengimbau warga agar mewaspadai penyakit pada musim hujan. Apalagi NTB akhir-akhir ini cuaca yang cukup ekstrim terjadi, mulai dari hujan lebat disertai aNgin kencang dan petir.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr Nurhandini Eka Dewi menyampaikan, sudah melayangkan surat kepada kabupaten/kota dalam mengantisipasi musim hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

“Sejak awal Desember sudah dikirimkan surat ke semua kabupaten/kota untuk kewaspadaan terhadap penyakit,” kata  dr Nurhandini Eka Dewi, Senin (6/1).

dikatakannya, ada sejumlah penyakit yang biasanya rentan dialami saat musim penghujan dan ini harus diwaspadai oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

“Kewaspadaan terhadap peningkatan penyakit yang dipengaruhi oleh musim hujan seperti diare, demam berdarah, ISPA dan pneumonia,” terangnya.

Meski sebelumnya juga, dr Eka pernah mengatakan musim hujan potensi virus dan bakteri untuk menyerang manusia. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan sangat rentan sakit. Eka memberikan tips agar masyarakat bisa mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut. Dimulai dari menjaga kebersihan agar bakteri dan virus tidak masuk dengan mudah ke dalam tubuh.

“Ya harus tetap jaga kebersihan, baik kebersihan dikeluarga maupun di lingkungan,” ujarnya.

Disamping itu, masyarakat harus waspada acaman Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sering terjadi ketika musim hujan datang.  Potensi penyakit DBD saat memasuki musim hujan di sebagian besar wilayah NTB masih cukup tinggi, meski data untuk Desember pihaknya belum menerima laporan.

“Kita ingin masyarakat itu diberdayakan dan menyadari bahwa DBD itu bisa dibasmi dengan kesadaran dari pemilik rumah masing-masing,” jelasnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid