Waspada! Jalan Senggigi Longsor Lagi

LONGSOR: Jalan Senggigi dekat Hotel Pasifik Longsor Senin (22/2/2021) sore ini. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Jalan nasional Senggigi kembali longsor, Senin (22/2/2021) sore ini sekitar pukul 16.30 WITA, tepatnya di Dream Point Sengigi di sekitar Pasific Hotel.

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko mengatakan, anggotanya mendapat laporan pukul 17.00 WITA terkait longsor tersebut.

Atas kejadian itu dirinya bersama piket SPKT dan pawas segera melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Selanjutnya anggota melakukan pengamanan lokasi dengan menggunakan papan imbauan dan tali untuk melakukan pembatasan aktivitas masyarakat sekitar tanah longsor.

Selain itu mengimbau warga sekitar untuk tidak berada maupun beraktivitas mengambil foto di sekitar lokasi tebing tersebut, mengingat kondisi tebing yang sangat rawan ambruk kembali. “Menurut Informasi dari warga, kejadian ini terjadi pada pukul 16.30 WITA. Pemantauan di lokasi kejadian, dinding batu atau talud tebing tersebut rusak sampai dengan trotor tidak sampai ke jalan raya. Adapun lebar tanah yang longsor selebar kurang lebih 30 meter,” ungkapnya.

Diperkirakan kejadian tersebut akibat hujan lebat yang turun di sekitar wilayah Senggigi dari kemarin malam sampai sore hari ini, hingga mengakibatkan konstruksi dinding batu atau talud di tebing amblas karena tidak kuat menahan beban trotoar. Dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Seperti diketahui, ini adalah longsor ketiga di Jalan Sengigi yang terkena proyek revitalisasi oleh Pemkab Lombok Barat. Pertama di tanjakan Sheraton Senggigi View, kedua dekat Cafe Alberto, dan ketiga dekat Hotel Pasifik. (ami)