Wartawan dan Pemkab Batang Kunjungi Radar Lombok

CENDERAMATA: Asisten Administrasi Setdakab Batang, Drs Ripyono, M.Si, didampingi Kabag Humas Pemkab Batang, Triossy Juniarto, menyerahkan cenderamata kepada Direktur Radar Lombok, Ahmad Ikliludin, yang didampingi Ombudsman Radar Grup, H Tony Eko Wibowo, Senin (2/12/2019). (sigit setyo/radarlombok.co.id)

MATARAM—Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), bersama para wartawan media cetak, elektronik (televisi), maupun media online, yang bertugas di daerah pantai utara Jateng itu, Senin kemarin (2/12/2019), berkunjung ke kantor Redaksi Radar Lombok dan radarlombok.co.id, di Jalan Pelikan, Nomor 3, Lingkungan Pajang Timur, Kota Mataram.

Kunjungan atau press trip yang diikuti sekitar 15-an lebih wartawan dari berbagai media di Kabupaten Batang itu, dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Batang, Drs Ripyono, M.Si, dan Kepala Bagian Humas Pemkab Batang, Triossy Juniarto, yang diterima oleh Direktur Radar Lombok, Ahmad Ikliludin, Pimpinan Perusahaan Radar Lombok, H. Muludin, Ombudsman Radar Grup, H. Tony Eko Wibowo, serta Pemimpin Redaksi Radar Lombok, Sigit Setyo Lelono.

“Press Trip ini program rutin yang dilakukan Bagian Humas Pemkab Batang, yang diikuti oleh media, dengan lokasi yang berganti setiap tahun. Kali ini kita memilih Lombok sebagai lokasi press trip. Kita melakukan Amati, Tiru, dan Modifikasi di setiap tempat atau lokasi yang dikunjungi,” kata Asisten Administrasi Setdakab Batang, Drs Ripyono, M.Si, dalam kata pengantarnya.

Menurut Ripyono, pihaknya menilai dan mendengar kalau media cetak harian Radar Lombok, merupakan koran terkemuka di pulau Lombok. Sehingga melalui press trip atau kunjungan ke media ini, pihaknya bersama sejumlah media di Batang, hendak belajar sekaligus mengetahui apa kiat-kiat media Radar Lombok di tengah gempuran media online, yang terus berkembang pesat saat ini.

“Namun setelah kami mendapatkan penjelasan dari Direktur Radar Lombok, kami salut dengan Koran Radar Lombok, yang masih tetap eksis. Bahkan berita-beritanya menjadi acuan Pemerintah Provinsi NTB, serta Kabupaten/Kota di pulau Lombok. Terbukti atas pola kerjasama yang dilakukan antara Radar Lombok dan pemerintah saat ini, yang begitu intens dan berkesinambungan,” salutnya.

Dan strategi yang dilakukan Radar Lombok terhadap pemerintah tersebut, melalui serangkaian kerjasama pemberitaan, ternyata sangat menarik para wartawan asal Batang. Dan berharap ketika kembali ke Batang nanti, berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah di NTB dengan Radar Lombok, juga dapat diterapkan Pemkab Batang dengan media-media yang ada. “Selain ke Radar Lombok, besok (hari ini) kami juga akan visit media ke Kantor Redaksi Lombok Post, untuk menggali lebih banyak informasi, untuk selanjutnya mengkaji kembali,” jelas Ripyono.

Tak hanya kunjungan ke media saja, sambung Ripyono, pihaknya juga akan melakukan silaturahmi dan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Mataram. “Berbagi informasi dan trik-trik Humas Pemkot Mataram, mulai dari persoalan pemberitaan hingga kerjasama dengan wartawan, kami berharap nantinya bisa ditiru oleh Pemkab Batang,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Radar Lombok, Ahmad Ikliludin, mengapresiasi kedatangan rombongan pemkab Batang bersama wartawan tersebut. Kesempatan itu, Iklil memaparkan kiat-kiat mempertahankan Koran ditengah gempuran media online. “Intinya, koran harus terus meningkatkan kualitas, agar mampu bersaing dengan media lainnya,” tandasnya. (dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid