Warga Tetap Ramaikan Tradisi Bau Nyale

Bau nyale di Pantai Seger, Lombok Tengah, Kamis (4/3/2021) pagi tadi. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA–Suasana covid-19 tidak menyurutkan animo warga Lombok Tengah, NTB turun mencari nyale atau cacing laut di Pantai Seger, Kamis (4/3/2021) pagi tadi.

Salah satu warga, Zainul Anwar mengatakan, hasil tangkapannya pagi tadi jauh lebih banyak dibandingkan kemarin. “Lumayan banyak ketimbang kemarin (Rabu). Kemarin agak sedikit dan nyale air semua, sekarang agak lumayan,” ucapnya.

Bau nyale merupakan tradisi turun-temurun. Biasanya dikemas menjadi event pariwisata oleh Pemkab Lombok Tengah, Pemprov NTB, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tetapi tahun ini ditiadakan untuk menghindari tumpah ruahnya warga. “Kami tadi dari jam 04.00 WITA pagi bersama keluarga sengaja datang ke sini untuk mencari nyale,”sambung Anwar.

Anwar mengatakan, nyale yang ditangkap akan dibuat lauk dan dimakan bersama keluarga.

Sementara salah satu warga lainnya, Mainun mengaku hasil tangkapannya hari ini tidak jauh beda dengan kemarin. “Nyalenya kurang keluar, baik tadi malam maupun pagi,” jelas warga asal rembitan ini

Disinggung soal alasan tidak menggunakan masker, apakah tidak takut dengan penyebaran covid-19? Ia mengatakan takut. “Ya takut sih takut, tapi mau gimana dong nggak bisa keluar kita bau nyale,” katanya.

Mainun juga mengaku hasil tangkapan nyale akan dimasak bersama keluarga. (sal)