Warga Teluk Waru Dibantu Air Bersih

ANTRI AIR BERSIH: Warga Dusun Teluk Waru Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat saat mengantri pembagian air bersih Kamis kemarin(8/9) (Janwari Irwan/ Radar Lombok)

MATARAM – Kekeringan mulai melanda sejumlah daerah di NTB.

Warga di daerah yang dilanda kekeringan ini mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Guna membantu kesulitan warga itu, Polda NTB menyaluran bantuan air bersih ke masyarakat di dusun Teluk Waru Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangestuti menjelaskan bantuan  ini dalam rangka mengatasi masalah kekurangan air bersih yang melanda beberapa dusun dengan menggunakan fasilitas Polri. ”Selain kita membantu mangatasi masalah masyarkat dengan memberinya air bersih, kita juga melakukan patroli untuk mengetahui keluhan keluhan masyarakat,'' jelasnya Kamis kemarin (8/9).

Sudah lama warga  Desa Labuhan Tereng kesulitan mendapatkan air bersih.  Untuk memasak dan minum sehari-hari, warga  harus membeli air bersih setiap harinya."Sudah hampir puluhan tahun masyarakat kekurangan air bersih,makanya kita bantu untuk mengurangi bebannya,"jelasnya.

Kepala Dusun Teluk Waru Dalisah mengatakan, bantuan air bersih  oleh Polda NTB merupakan yang kedua kalinya. Yang pertama diberikan pada tahun 2015. Hal ini yang membuat masyarakat setempat sangat berantusias.

Warga sudah lama kesulitan mendapatkan air bersih.   Untuk kebutuhan sehari-hari, warga harus membeli air dengan harga  Rp 6 ribu per galon. padahal pendapatan masyarakat yang sebagaian besar sebagai nelayan hanya Rp 25 ribu perhari."Untuk beli air bersih dalam sehari paling rendah Rp 10 ribu, belum untuk biaya- biaya yang lain,"keluhnya.

Warga Dusun Teluk Waru sebenarnya rata- rata mempunyai sumur. Akan tetapi air sumur rasanya asin dan tidak bisa dipakai memasak." Sebenarnya banyak yang mempunyai sumur. Tapi airnya asin dan tidak bisa dipakai masak dan minum. Kalau musim hujan airnya bau dan tidak bisa dipakai mandi,"akunya.(cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut