Warga Padati Pasar Murah Radar Lombok Expo

Radar Lombok Expo
PASAR MURAH: Kepala Disdag NTB, Hj. Putu Selly Andayani, didampingi Direktur Harian Umum Radar Lombok, H. Sukisman Azmy, dan Excekutif Chef Hotel Santika Mataram, Nyoman Putra Yasa, saat membuka pasar murah dan pameran, serta kelas memasak, Sabtu (20/5). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Pasar murah dan kelas masak rumahan ala hotel yang digelar Harian Umum Radar Lombok, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi NTB, bertajuk Radar Lombok Expo 2017, Sabtu (20/5) berlangsung sukses. Dimana ratusan warga dari 4 kelurahan di Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, terlihat memenuhi lokasi pelaksanaan di halaman GOR Turida.

Pelaksanaan Radar Lombok Expo 2017 sendiri diawali dengan senam pagi bersama Arul Zain, yang diikuti oleh puluhan anggota Arul Fans Club (AFC), dan juga masyarakat umum, yang dimulai pada pukul 06.00 Wita hingga 08.00 Wita.

Selanjutnya tepat pada pukul 08.00 Wita, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Hj. Selly Andayani, yang didampingi Direkur Harian Umum Radar Lombok, H. Suskiman Azmy, membuka Cooking Class (kelas memasak) makanan tradisional dengan konsep hotel, yang dibimbing langsung oleh Excekutif Chef Hotel Santika Mataram, Nyoman Putra Yasa, serta membuka pelaksanaan pasar murah dan pameran.

Pasar murah dan pameran yang melibaktan lebih dari 20 distributor bahan pokok, serta belasan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). “Pelaksanaan pasar murah dan pameran berbagai bahan pokok ini merupakan salah satu langkah konkret Dinas Perdagangan Provinsi NTB, bersama Harian Umum Radar Lombok dalam mempersiapkan warga masyarakat akan kebutuhan pokok jelang Puasa Ramadhan,” kata Selly.

Terlebih lanjutnya, sudah menjadi hal kebiasaan begitu puasa Ramadhan tiba, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik. “Pasar murah untuk bahan pokok ini adalah upaya kami untuk mendekatkan penjualan kebutuhan pokok di tengah masyarakat kurang mampu, dengan harga yang lebih murah dari yang dijual di pasaran. Karena yang hadir di pasar murah ini adalah langsung para distributor penjual bahan pokok di NTB,” ujar Selly.

Sejak pukul 08.00 Wita, ratusan warga yang berasal dari berbagai lingkungan dan kelurahan di wilayah Kecamatan Sandubaya, nampak berdatangan untuk membeli berbagai bahan pokok yang dijual para distrbutor dan juga ritel pasar modern yang langsung dihadirkan oleh Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

Minyak goreng kemasan premium menjadi yang paling laris manis hampir di semua stand disributor yang menjual bahan pokok tersebut. Bahkan belum pukul 10.00 Wita, sejumlah distributor sudah kehabisan minyak goreng kemasan yang langsung dibawa untuk dijual di lokasi pasar murah dan pameran.

Seperti yang diakui penanggungjawab Giant Supermarket Panjitilar, Made Putra, bahwa minyak goreng merk Filma sebanyak 40 karton dengan ukuran isi 1 liter dan dua liter yang dia bawa, ludes terjual. “Baru buka, minyak goreng kemasan merk Filma langsung diserbu mayarakat untuk membeli, dan habis kurang dari 1 jam,” kata Made.

Selain minyak goreng kemasan premium, telur ayam, beras dan berbagai kebutuhan pokok lainnya juga cukup laris diserbu oleh masyarakat. Terlebih lagi jelang bulan Puasa Ramadhan ini, berbagai kebutuhan pokok vital, seperti beras, minyak goreng dan lainnya menjadi seuatu yang niscaya selalu tersedia di dapur para ibu rumah tangga, untuk menyajikan menu berbuka puasa dan makan sahur.

Tak ketinggalan juga untuk alat memasak berbahan gas juga menjadi hal yang sangat vital selama puasa Ramadhan. PT Pertamina hadir dalam pameran untuk memberikan pilihan harga promo bagi warga masyarakat untu tabung gas LPG isi 5,5 kg non subsidi.

PT Pertamina memberikan harga spesial kepada masyarakat untuk LPG isi 5,5 kg tersebut. Dimana setiap pembelian tabung gas pink isi 5,5 kg dengan harga Rp 325 ribu, maka diberikan gratis 1 buah kompor merk Quantum. Sejumlah warga yang hadir pun tertarik dan membeli paket tabung gas LPG dan kompor ukuran 5,5 kg tersebut di lokasi pasar murah dan pameran.

Selain pasar murah dan pameran berbagai bahan pokok, tak kalah serunya juga adalah demo masak yang menghadirkan Excekutif Chef Hotel Santika Mataram, Nyoman Putra Yasa. Puluhan kaum ibu-ibu nampak antusias mengikuti kelas masak makanan tradisional ala perhotelan ini. Mulai dari minuman juice, makanan penutup, kue dan makanan utama.

Puluhan ibu-ibu tersebut nampak antusias dan sumringah mengikuti kelas memasak yang diberikan secara gratis oleh Harian Radar Lombok, dalam rangka menyambut bulan Puasa Ramadhan dan Lebaraan Idhul Fitri.

Usai membuat empat macam menu tersebut, kemudian Chef Hotel Santika Mataram, Nyoman Yasa langsung mencicipi hasil buatan para peserta. Bagi kelompok yang membuat menu makanan dan minuman dengan cita rasa terbaik, maka mereka berhak mendapatkan doorprize yang dipersembahkan dari Astra Motor Mataram.

Selain itu, masyarakat yang datang di pasar murah juga mendapatkan undian doorprize sebanyak lima kompor dan lima tabung gas LPG ukuran 5,5 kg yang diberikan oleh perwakilan dari PT Pertamina. Selain itu ada juga doorprize yang diberikan oleh sejumlah sponshorsip seperti Indomaret dan PT XL Axiata. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid