Warga Mudik Diminta Lapor Polisi

satgas rumah kosong
SATGAS: Inilah pasukan Satgas Rumah Kosong yang nantinya menjaga rumah masyarakat yang ditinggalkan mudik. (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur Rohcman mengimbau kepada semua masyarakat, jika ingin meninggalkan rumahnya, terutama bagi yang berpergian jauh dan meninggalkan rumah cukup lama. Untuk segera melayangkan surat pemberitahuan atau laporan ke Polres. “Jadi kita sudah bentuk tim satgas rumah kosong. Jika ada masyarakat yang ingin meninggalkan rumah mudik dalam waktu lama, tolong segera laporkan,” katanya kemarin.

Dari laporan tersebut, pihaknya bisa memposisikan kalau rumah tersebut  masuk dalam daftar penjagaan. Dikatakan, satgas rumah kosong ini dibentuk dan bekerja hanya di musim lebaran saja. Sejumlah rumah akan ditinggalkan oleh pemiliknya untuk melakukan silaturrahmi kepada sanak famili mereka.

Ketika rumah kosong, tentunya diperlukan penjagaan, minimal dilakukan patroli oleh satgas rumah kosong yang sudah dibentuk. Tugas mereka lanjutnya, khusus disejumlah perumahan yang ada di kota Praya, terutamanya lagi sejumlah pejabat yang berasal dari luar daerah yang meninggalkan rumah mereka. “Mereka hanya bertugas di seputaran Praya saja, sebab bentukan satgas rumah kosong ini adalah yang perdana,” sebutnya.

Selain memberikan kenyamanan kepada pemilik rumah yang ditinggal,  satgas ini juga nantinya akan bertugas meminimalisir kasus kasus pencurian dan perampokan selama kegiatan hari raya lebaran. Selanjutnya jumlah personel dalam satgas ini sebanyak 15 orang,   terdiri dari Satlantas 5 orang dan Satsabhara 10 orang.  (cr-ap)

BACA JUGA :  Warga Pohgading Hilang Terseret Banjir