Warga Minta Plang Maut Muara Putat Dibongkar

TANJUNG-Plang penunjuk arah di jalan utama yang melintasi Dusun Muara Putat Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) diminta masyarakat untuk segera dibongkar.

Pasalnya, plang tersebut dianggap plang maut, karena kerap ditabrak kendaraan roda empat yang menyalip dari arah Mataram. Selain memang jaraknya yang terlalu dekat dengan badan jalan, dengan kondisi jalan yang juga sempit. “Sekarang terbukti lagi kan, ada kecelakaan di sana tadi. Mobil dari arah Mataram menabrak plang itu. Jadi kita minta agar plang itu dibongkar, kalau tidak kita yang bongkar nanti. Karena sangat berbahaya bagi pengendara dan saya pernah protes ke pak Sinar (Kepala Dishubkominfo KLU), seharusnya dimundurkan sedikit pemasangannya,” terang warga setempat, Bimbo Asmuni, Jumat (29/7).

Kondisi jalan yang kecil dengan padatnya kendaraan membuat plang tersebut sangat berbahaya kata Bimbo. Khususnya bagi mereka yang datang dari arah Mataram saat pagi buta. Misalnya saja saat akan menyalip kendaraan besar di depannya, maka otomatis tidak mengetahui keberadaan plang tersebut dan akhirnya tertabrak. “Dulu sudah saya bilang, mundurkan satu meter. Tapi katanya Sinar takut kena kabel listrik. Kalau tidak bisa di sana seharusnya jangan dipaksa. Sekarang terbukti dengan banyaknya kecelakaan,” jelas Ketua Komunitas Bimbo GR 10.000 ini.

BACA JUGA :  Bangunan Kafe Dibongkar Petugas

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) KLU, Sinar Wugiyarno mengatakan, pihaknya tidak bisa asal membongkar plang tersebut. Menurutnya, seringnya terjadi kecelakaan di lokasi lantaran ke kurang hati-hatian pengguna jalan sendiri. Terlebih, di plang itu juga terdapat imbauan berapa kecepatan yang mesti dipacu pengendara. Kemudian plang tersebut sangat membantu masyarakat khususnya wisatawan. Dengan adanya rambu itu maka wisatawan mengetahui seberapa jarak antara wilayah satu dengan lainnya. “Itu sangat membantu loh, kalau dibongkar pasti akan jadi pertanyaan. Semestinya masyarakat harus berhati-hati juga,” terangnya.

Seperti diketahui, sektiar jam 04.00 WITA Jumat kemarin, satu unit mobil avanza berplat nomor DR 1161 DG ringsek di bagian depan karena menabrak tiang plang penunjuk arah tersebut. Mobil sendiri terpental ke sebelah kiri jalan, arah menuju Tanjung. Belum ada laporan korban jiwa dari kepolisian terkait kecelakaan ini. (zul)