Warga Mataram Bersiap Gunakan KTP Digital

KTP DIGITAL: Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Amran M Amin menunjukkan KTP digital miliknya, yang juga akan segera bisa digunakan warga di Mataram.(ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) disiapkan juga dalam bentuk digital. Terobosan baru Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupa identitas digital itu tengah dipersiapkan untuk digunakan di Kota Mataram. Ibu kota provinsi NTB ini disebut sudah cukup siap untuk memulai menggunakan KTP digital.
“Insyaallah dalam dekat mungkin kami laporkan dulu ke Pak Sekda kaitannya dengan ini. Kami akan melaporkan ada kesiapan kita dari Dinas Dukcapil Kot0a Mataram untuk mengaktifkan KTP digital,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, H Amran M Amin di Mataram.

KTP digital sudah digaungkan kementerian sejak tahun 2021. Kemudian diuji coba di 61 daerah di seluruh Indonesia. Lalu tahun ini diberlakukan serentak secara nasional. Kota Mataram pun segera dicatat sebagai daerah yang menggunakan KTP digital.

Di tahap awal, pejabat teras Dukcapil Kota Mataram sudah mulai menggunakan KTP digital. Untuk selanjutnya dengan pejabat lainnya dan masyarakat. “Bahkan saya sendiri sudah memulai punya KTP digital,” kata Amran sambil menunjukkan KTP digital yang dia punya.

Bentuk KTP digital ini sama dengan aplikasi lainnya. Warga harus mengunduh melalui android masing-masing. Isinya nanti sama persis dengan data identitas yang tercatat di E-KTP. “Apa yang sudah ada di produk E-KTP. Semuanya ada di handphone android menjadi KTP digital,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kasus E-KTP Palsu Lombok Timur, Polisi akan Bentuk Tim

KTP digital nantinya ada di android masing-masing warga. Kemudian bisa dibawa untuk mengurus sejumlah kebutuhan. Mulai dari pelayanan perbankan, BPJS hingga chek ini di bandara bisa menggunakan KTP digital. “Jadi cukup dengan membawa android saja. Nanti barcode-nya akan terbaca di sana,” terangnya.

Kendati KTP digital segera dimulai untuk digunakan. Bukan berarti E-KTP sebelumnya tidak berlaku lagi. Fisik E-KTP tetap bisa digunakan dan berlaku. “Itu (E-KTP) tetap ada. Tapi kan seandainya kita tidak membawa KTP. Itu bisa digunakan. KTP digital untuk memudahkan kita. Kan bisa saja kita lupa atau bagaimana. Nanti tinggal buka android masing-masing,” katanya.

Kemudian yang menjadi perhatian di KTP digital soal keamanan data. Untuk itu, Amran mengatakan data di KTP digital memiliki proteksi. Sehingga tidak mudah disalah gunakan ataupun diakses secara ilegal. “Alhamdulillah sekarang sudah siap terpusat istilahnya. Kalau dulu siap terdistribusi itu tanggung jawab besar juga di daerah. Sekarang terpusat semuanya tanggung jawab keamanan datanya,” terangnya.

Baca Juga :  Soal E-KTP, Oknum Camat Tuding Dukcapil Bermain

Untuk mengakses KTP digital di Kota Mataram. Nantinya disiapkan secara bertahap. Awalnya digunakan oleh Dinas Dukcapil untuk dipelajari dengan baik. “Setelah itu pejabat teras akan kita sosialisasikan. Terakhir kemudian bisa digunakan kepada warga masyarakat,” jelasnya.

Amran menargetkan, tahun 2022 KTP digital sudah bisa digunakan di Kota Mataram. Dia mengatakan, paling tidak untuk dua bulan ke depan sudah bisa dimulai. “Informasi lebih lanjut nanti setelah kami mendapatkan masukan dari Wali Kota setelah dilaporkan ke Sekda terlebih dahulu. Ini segera kita siapkan,” jelas Amran.

Warga masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang KTP digital. Namun menilik fungsinya, warga cukup antusias untuk memiliki KTP digital. “Kalau untuk memudahkan kita kenapa tidak. Tapi sudah saatnya warga masyarakat diberikan banyak kemudahan,” kata Razak salah satu warga Kota Mataram. (gal)