Warga Lombok Timur Diimbau Waspada Pohon Tumbang

pohon-tumbang
POHON TUMBANG: Akibat angin kencang yang melanda wilayah Lotim, Kamis kemarin (24/1), telah menyebabkan setidaknya 21 pohon tumbang disejumlah titik. Tampak salah satu lokasi pohon tumbang di Lotim. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG — Warga Lombok Timur (Lotim) diminta untuk waspada terhadap ancaman pohon tumbang, pada saat terjadi angin kencang disertai hujan lebat yang melanda Lotim sejak seminggu terakhir ini. Pihak terkait di lingkup Pemkab Lotim, baik itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah titik yang rawan pohon tumbang.

Sejumlah titik di Lotim, terutama di wilayah Kota Selong banyak sekali pohon-pohon berukuran besar bertumbangan akibat disapu angin kencang, Kamis kemarin (24/1). Tidak hanya di Kota Selong saja, namun sejumlah titik lainnya di Lotim banyak sekali pohon yang tumbang, terutama yang ada di pinggir jalan. Dan ini tentunya sangat mengancam keselamatan warga. “Kita tidak sangka, hari ini (kemarin, red) pohon yang tumbang drastis (banyak) sekali. Setidaknya sudah ada 21 pohon yang tumbang di sejumlah titik, selain di Kota Selong,” kata Kadis LHK Lotim, Mulki kemarin.

BACA JUGA: Cuaca Buruk Diprediksi Masih akan Berlangsung di Wilayah NTB

Untuk mengantsipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya kata Mulki telah mengerahkan tim ke lapangan untuk melakukan penebangan terhadap pohon yang rawan tumbang. Termasuk membersihkan batang dan ranting pohon yang menutup jalan akibat roboh diterjang angin. Namun beruntung kejadian itu, sejauh ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Semua staf LHK saya perintahkan untuk siaga satu,” tegasnya.

Dikatakan, antisipasi pohon yang rawan tumbang ini telah dilakukan sejak awal bulan, kerjasama dengan sejumlah pihak terkait. Ketika ada ditemukan pohon yang kondisinya mengancam pengguna jalan atau warga, maka mereka akan langsung mengerahkan petugas untuk melakukan penebangan dan pemangkasan ranting. “Ansipasi sudah kita lakukan sejak awal bulan. Yang panting warga harus tetap waspada,” imbaunya.

Hal sama juga disampaikan oleh Kepala BPBD Lotim, Purnama Hadi. Dia mengatakan, ketika angin kencang seperti sekarang ini, pohon yang sudah termakan usia memang sangat rawan tumbang. Terutama di sejumlah lokasi di wilayah Kota Selong dan sekitranya. Seperti sepanjang Jalan Moh. Yamin dan Dasan Lekong. “Kita telah melakukan pemetaan dan menentukan mana saja lokasi-lokasi yang rawan pohon tumbang. Kita melakukan antisipasi melalui penebangan,” ujar dia.

Karenanya, untuk menertibkan pohon rawan tumbang kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan DLHK. Mengingat itu juga menjadi ranahnya dinas tersebut. “Pasti kita koordinasi dengan LHK kalau kita lakukan penebangan,” singkat dia. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut