Warga Ketapang Lotim Resah Akibat Kemunculan Mahluk Diduga Buaya

Screenshot video kemunculan buaya di Lombok Timur. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Warga di Pantai Ketapang, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur belakangan ini dihebohkan dengan kemunculan mahluk diduga buaya.

Dalam rekaman video yang diambil warga, Kamis (12/8/2021) tampak mahluk diduga buaya itu muncul ke permukaan untuk bernafas, lalu masuk lagi ke dalam laut yang tak begitu jauh dari bibir pantai.

“Sampai saat ini infonya warga masih resah dengan keberadaan buaya tersebut. Evakuasi mungkin disulitkan dengan keberadaan buaya yang bolak-balik ke pesisir dan ke air,” kata Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pringgabaya, Zaenudin kepada Radar Lombok, Jumat (13/8).

BACA JUGA :  Tiga Penggarap HTI Sambelia Ditahan

Menurut Zaenudin, buaya ini muncul pekan lalu. Buaya yang diperkirakan  berukuran 4 meter membuat warga sekitar resah, termasuk nelayan. “Kemarin warga Labuhan Pandan yang diresahkan, besoknya lagi (buaya) datang ke sini,” ujarnya.

Dengang kondisi ini, pengunjung Pantai Ketapang juga resah dengan adanya isu buaya. Sehingga banyak yang urung ke pantai. “Biasanya pagi-pagi banyak masyarakat yang datang ke Pantai Ketapang ini, tetapi sejak adanya isu buaya ini masyarakat jadi berkurang,” paparnya.

BACA JUGA :  Banjir Sambelia Akibat Penggundulan Hutan

Pihaknya berharap agar buaya bisa dievakuasi oleh ahlinya, sehingga warga dan nelayan bisa tenang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim Iwan Setiawan mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait kemunculan buaya. “Kalau dari BPPD sendiri kita akan lakukan assessment  dulu, tapi persoalan ini lebih pasnya Damkar,” sarannya. (wan)