Warga Aik Berik Digegerkan Penemuan Benda Purbakala

purbakala
BENDA ANTIK: Inilah benda antik bersejarah yang ditemukan warga Dusun Ranjok Desa Aik Berik Kecamatan BKU di sebuah tambang galian C. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Warga Dusun Ranjok Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara (BKU) Kabupaten Lombok Tengah, geger, Rabu lalu (30/5).

Warga setempat dihebohkan penemuan sejumlah benda purbakala di sebuah tambang galian C. Benda-benda tersebut berupa satu buah gelang emas, guci, piring keramik, lonceng, beras, tulang belulang manusia zaman dahulu, tumpukan padi, kapak lonjong, gelang, ceret, dan perlengkapan pemujaan. Benda itu kemudian disimpan di rumah sang penemu untuk selanjutnya akan diteliti pemerintah.

Nasrudin, salah seorang warga Aik Berik menyatakan, warga sudah lama beraktivitas di lokasi tambang galian C itu. Namun, baru sekarang menemukan benda aneh bersejarah seperti itu. Meski tak memiliki bukti kuat, tapi benda-benda itu diyakini sebagai milik leluhur yang tinggal di tempat itu.

Dalam lontar termaktub, bahwa pada abad 13 ada desa di tempat itu. Namun, akibat letusan Gunung Rinjani, maka desa itu kemudian tertimbun dan menghilang. “Barang-barang itu ditemukan keluarga saya di kedalaman sekitar 25 meter,’’ ungkap Nasrudin, Kamis lalu (31/5).