Wali Kota Janjikan Mutasi Pejabat Terbesar

MUTASI PEJABAT: Ilustrasi mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kota Mataram, yang akan digelar dalam waktu dekat dengan jumlah yang besar (ALI MASHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengisyaratkan dalam waktu dekat akan menggelar mutasi pejabat di lingkup Kota Mataram. Bahkan mutasi dan rotasi pejabat ini berpotensi menjadi yang terbanyak atau terbesar selama dirinya menjadi Wali Kota Mataram. “Iya mungkin bisa dibilang seperti itu (terbesar). Makanya ini masih butuh waktu,” ujar Mohan, saat dikonfirmasi di Mataram.

Disebut terbesar, karena ada tujuh jabatan eselon II yang akan diisi dan dilantik, yaitu jabatan Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Mataram. Berikutnya Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram. Terakhir adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram.

Dengan tujuan jabatan yang diisi, maka akan diikuti oleh kekosongan jabatan yang ditinggalkan dan tentunya perlu pengisian. Ditambah lagi dengan cukup banyaknya pejabat yang purna tugas sampai akhir tahun lalu, dan perlu pergantian untuk diisi. Karena itu akan terjadi cukup banyak pergeseran pejabat eselon III dan IV lingkup Kota Mataram yang perlu disiapkan Pemkot Mataram.

Untuk tujuh jabatan eselon II yang diseleksi, Wali Kota mengatakan tahapannya sudah selesai dengan dirinya sudah punya pilihan. “Kalau untuk eselonnya itu sudah berdasarkan hasil yang kemarin itu. Insyaallah namanya jug sudah saya putuskan. Tapi kan ini sekaligus nanti bersamaan dengan pengisian untuk jabatan-jabatan yang ditinggalkan. Karena ada camat dan kelurahan yang kosong. Terus ada kabid-kabid yang perlu diisi,” ungkapnya.

Karenanya pada saatnya nanti, akan banyak pejabat yang akan digeser dari posisinya saat ini. “Makanya sekalian nanti supaya jangan terlalu sering kita mutasi. Besok ini bisa jadi gelombang mutasinya cukup besar untuk menggantikan sekaligus mengisi yang kosong,” terangnya.
Mutasi pejabat atau pengisian jabatan dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja pemerintahan daerah. Hal ini bagian dari strategi untuk mencapai efisiensi dan pelayanan publik yang lebih baik. Namun tentang bocoran nama-nama yang akan dipilih, Wali Kota masih menutup rapat informasinya. “Nanti lah kita lihat,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan mutasi pejabat, Mohan mengatakan berpotensi dilaksanakan pekan depan. “Mudah-mudahan bisa pekan depan, Insyaallah sudah rampung. Karena minggu-minggu ini agak padat juga kegiatan,” jelasnya.

Sementara Sekda Kota Mataram, Lalu Alwan Basri mengatakan pihaknya masih mempersiapkan dan menggodok nama-nama yang akan dimutasi. Persiapan disebut cukup membutuhkan waktu karena banyaknya pejabat yang digeser untuk mengisi jabatan baru. “Kami hanya menyiapkan, nanti putusannya ada di Pak Wali,” singkatnya. (gal)

Komentar Anda