Wakapolda Baru Dilantik, Kapolda Nana Melenggang ke Metro Jaya

Irjenpol Nana Sudjana
Irjenpol Nana Sudjana.( DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Serah terima jabatan (sertijab) di tubuh Mapolda NTB, kembali bergulir. Sejumlah pejabat teras kembali diroling berdasarkan ST Kapolri Nomor ST/3231/XI/KEP/2019.

Rotasi jabatan terjadi pada  sebagian pejabat utama Polda NTB, salah satunya pergantian Wakapolda NTB. Sertijab dilaksanakan di gedung Gran Imperial Ballroom, Jumat kemarin. Sertijab ini dihadiri pejabat utama Polda NTB dan kapolres jajaran beserta para bhayangkari.

Pada surat telegram disebutkan, Wakapolda NTB Brigjen Pol Tajuddin diangkat dalam jabatan baru sebagai  Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri. Sedangkan posisi Wakapolda NTB baru dipegang Brigjen Pol Asby Mahyuza, sebelumnya menjabat Karotekinfo Divtik Polri. 

Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, mutasi jabatan di lingkungan Polri adalah hal yang biasa, baik berbentuk penyegaraan ataupun reward terhadap anggota Polri. Brigjen Pol Tajuddin bertugas lebih dari 2 tahun di Polda NTB. Selama bertugas ia telah  menunjukan dedikasi, loyalitas dan kedisiplinannya. “Kami ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini,” ucapnya.

Terhadap Brigjen Pol Asby Mahyuza, diharapkan untuk menunjang apa yang selama ini sudah berjalan dan harus memberikan warna baru dalam menjalankan tugas di Polda NTB.  Selain itu, ia juga diharapkan kedepannya lebih bisa bersinergi dalam pelayanan, pengamanan, terhadap masyarakat NTB. juga  memberi kontribusi lebih baik bagi Kepolisian Republik Indonesia. “Tugas polisi kan sudah jelas dalam hal Kamtibmas, penegakan hukum, dan memberikan pelayanan, pengayoman, dan perlindungan kepada masyarakat. NTB aman pembangunan akan lancar,” cetusnya.

Nana memprediksi, ke depannya NTB akan semakin maju. Pembangunan terus berjalan dan investor pun terus berdatangan. Untuk itu, pihaknya akan berupaya maksimal dalam menghadirkan keamanan dan ketertiban di wilayah NTB. “Keamanan akan kita jamin,” tegasnya.

Selain Wakapolda, pada Rabu (18/12) lalu juga telah berlangsung sertijab empat  pejabat utama Polda NTB dan juga Kapolres. Yakni AKBP Putu Gede Ekawana Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda NTB kini sebagai menjabat Dirreskrimsus Polda NTB. Ia menggantikan Kombes Pol Syamsudin Baharuddin yang dimutasi menjadi Advokat Utama Divisi Hukum Polri.

Selanjutnya AKBP Abi Darrin yang sebelumnya menjabat Kabagkerma Ro Ops Polda Jatim, kini dilantik menjadi Dirpamobvit Polda NTB. Ia  menggantikan Kombes Pol Gatut Kurniadin yang dimutasi menjadi Dirintelkam Polda Kaltim. AKBP Komaruz Zaman yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubaglaops Bagops Korbrimob Polri kini dikantik menjadi Dansat Brimob Polda NTB. Ia menggantikan Kombes Pol Taufik Hidayat yang kini dimutasi menjadi Dansat Brimob Polda Jawa Timur.

Selanjutnya AKBP Artanto yang sebelumnya menjabat Kabag Bin Ops Rops Polda Jawa Tengah dilantik menjadi Kabid Humas Polda NTB. Ia menggantikan Kombes Pol Purnama yang dimutasi menjadi Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri. Sementara Kapolres yang dilantik yaitu AKBP Syarif Hidayat yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditreskrimsus Polda NTB, kini menjadi Kapolres Dompu. Ia menggantikan AKBP Erwin Suwondo yang kini dimutasi menjadi Wakapolresta Mataram.

Tak hanya, kabar terbaru yang diterima Radar Lombok juga menyebutkan, bahwa Kapolda NTB, Irjenpol Nana Sudjana juga akan segera dirotasi. Nana mendapat promosi untuk menduduki jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya. Pergantian jabatan Kapolda NTB itu tertuang dalam ST/3331/XII/KEP/2019. Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten SDM Irjen Pol Dr Eko Indra Heri tanggal 20 Desember 2019.

Dalam surat tersebut tertera puluhan nama perwira tinggi dan perwira menengah yang juga dimutasi. Posisi Nana Sudjana  sebagai Kapolda NTB akan digantikan oleh Irjenpol Tomsi Tohir yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Banten. Kapolda NTB Irjen Nana Sudjana  membenarkan hal itu. “Malam ini saya dapat kabar. Jadi kaget saya. Mau gimana lagi. Tapi Alhamdulillah,” katanya.

Nana yang belum setahun menjabat sebagai Kapolda NTB mengaku, tidak menyangka mutasi tersebut. Pasalnya baru 8 bulan menjabat dan merasa betah di NTB. “Di sini saya bisa berolahraga sambil menikmati keindahan alam NTB yang begitu luar biasa. Tapi itulah dinamika kehidupan. Kita tidak bisa menolak. Mutasi itu adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri,” tambahnya. (der/adv)