Wagub NTB Resmikan Kampung Wisata Halal Karang Jangkong

Wagub NTB Resmikan Kampung Wisata Halal Karang Jangkong
DIRESMIKAN : Wakil Gubernur NTB bersama degan Ketua DPD RI saat mencicipi berbagai kuliner usai meresmikan kampung wisata halal “Kakong Karang Jangkong (10/1) kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM – Kota Mataram kini memiliki satu destinasi wisata baru di tengah kota yakni kampung wisata halal Karang Jangkong.

Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin bersama anggota DPD RI Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi meresmikan kampung wisata halal ini kemarin. Peresmian dilakukan dengan pemukulan rebana.

Pada kesempatan ini Wagub menyampaikan bahwa Pemprov akan mendukung sepenuhnya keberadaan wisata kreatif yang ada di NTB. Kampung wisata ini bukanlah yang pertama yang diresmikannya. Sebelunnya sudah ada kampung wisata di Lombok Tengah dan di daerah lainnya di NTB.” Dinas Pariwisata saya minta memfasilitasi semua yang dibutuhkan untuk pengembangan kampung wisata halal di lingkungan ini,” kata Amin.

BACA JUGA :  Menikmati Serunya Malean Sampi di Desa Batu Kuta

“Kangkong” adalah nama kelompok sadara wisata yang bergerak menghidupkan wisata di tengah kota ini. Menurutnya kegiatan wisata kreatif di Provinsi NTB terutama di Kota Mataram ini memang sangat strategis untuk dikembangkan, karena Mataram menjadi daerah salah satu yang paling banyak juga dikunjungi oleh wisatawan karena keberadaanya sebagai ibukota provinsi. Untuk itu dirinya sangat mendukung sekali keberaaan kampung wisata ini karena akan memberikan dampak positif kepada masyarakat mulai dari kegiatan ekonomi masyarakat dan kegiatan yang bisa bernilai ekonomis lainnya.

Industri pariwisata di NTB terus mengalami pertumbuhan di tengah menurunnya sektor ungggulan seperti pertanian dan perkebunan hingga pertambangan. Industri pariwisata justru  terus tumbuh positif.

Kedepan kampung ini diharapkan bisa ditularkan kepada kampung-kampung yang lainnya sehingga semakin banyak pilihan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam NTB terutama kulinernya.” Mudahan keberadaan kampung ini bisa menginspirasi kampung-kampung yang lainnya di NTB,” harapnya.

Sementara itu anggota DPD RI Dapil NTB Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi meminta kepada pemerintah daerah harus mendukung program ekonomi kreatif yang seperti ini. Jangan sampai anak muda dan masyarakat sekitar sangat antusias tetapi malah dari Pemda sendiri tidak peduli terhadap program yang ada di tengah masyarakatnya.” Program wisata seperti ini harus didukung oleh pemerintah,” tekannya.

BACA JUGA :  Taruna Se-ASEAN Pelajari Obyek Wisata Lombok

Keberadaan masakan tradisional yang disajikan oleh masyarakat di sekitar kampung wisata diakuinya sangat enak dan dipastikan tidak akan didapatkan di daerah lainnya kecuali di kampung wisata Karang Jangkong. Tidak hanya bisa menikmati para tamu juga ternyata bisa mengikuti proses pembuatan  beberapa masakan tradisional yang dihidangkan masyarakat di kampung wisata ini mulai memasak sayur ares, membuat kopi asli Lombok secara tradisional dan mengikuti kegiatan religi masyarakat di tempat ini.” Saya yakin di daerah lain belum ada konsep wisata halal yang seperti ini,” tegasnya.

Untuk sangat menekankan kepada semua pemuda untuk terus bersatu, jangan hanya satu atau beberapa bulan saja, ia mengimbau agar masyarakat tetap konsisten dengan programnya,  jangan  hanya karena tidak ada tamu selama satu atau dua bulan kemudian masyarakat merasa bosan dan berhenti, tetapi perjuangan dan promosi harus tetap dilaksanakan sehingga orang tertarik untuk datang tempat ini.” Jangan hanya hangat-hangat sementara saja tetapi harus konsisten,” tegas Diah. (ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut