Wagub NTB Optimis Target 4 Juta Wisatawan Bisa Tercapai

Dr Hj Siti Rohmi Djalillah
Dr Hj Siti Rohmi Djalillah (Devi Handayani / Radar Lombok)

MATARAM – Wakil Gubenur Provisni Nusa Tenggara Barat Dr Hj Siti Rohmi Djalillah optimis target kunjungan 4 juta wisatawan ke NTB pada 2019 akan dapat tercapai. Keyakinan Wagub Rohmi tersebut didasari dengan banyak even skala besar akan diselenggarakan.

“Kita harus perjuangkan target kunjungan wisatawan 4 juta itu bisa tercapai,” kata Wagub Rohmi, Selasa kemarin (26/2). 

BACA JUGA: ITDC Dukung Penuh Festival Bau Nyale 2019

Menurut Wagub Rohmi beberapa even yang digelar oleh pemerintah sendiri sangat membantu, seperti Lombok Sumbawa Great Sale (LSGS) 2019, Bau Nyale yang sudah dilaksanakan. Belum lagi beberapa even skala nasional dan internasional seperti Festival Tambora, Festival Senggigi dan beberapa even lainnya.

Wagub Rohmi mengakui jika melihat event pada 2019 ini dibandingkan dengan tahun lalu, memang terdapat perbedaan.pada 2019 lalu tingkat kunjungan wisatawan sebelum terjadinya gempa cukup tinggi dan berbagai event sukses terlaksana. Begitu juga dengan banyak kegiatan MICE skala nasional maupun internasional, sehingga pariwisata NTB sangat terdongkrak. Hanya saja pascagempa bumi akhir Juli 2018 dan berlangsung cukup lama gempa bumi susulan berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kondisi bencana alam tersebut kian diperparah dengan berbagai kebijakan masksapai penerbangan yang tidak populis. Pada pertengahan Januari, sebagian besar maskapai penerbangan menerapkan kebijakan pemberlakuan bagasi berbayar. Jarak beberapa pecan, maskapai penerbangan lagi menghantam industry pariwisata dengan menaikan harga tiket pesawat domestik. Kondisi tersebut semakin memperburuk pariwisata NTB, sudah dihantam musibah gempa bumi, lagi ditekan dengan pemberlakuan bagasi berbayar dan kenaikan harga tiket pesawat.

Pada triwulan I tahun 2018 lalu, meskipun memasuki masa low season, namun kunjungan wisatawan tetap ada dan ditambah dengan adanya event justru meningkat. Berbeda dengan kondisi saat ini justru kunjungan wisatawan tidak banyak pascagempa bumi dan disaat mulai bangkit, kembali ditekan oleh kebijakan pemberlakukan maskapai berbayar dan kenaikan harga tiket. 

Dijelaskan Wagub Rohmi, kondisi pariwisata di NTB sudah mulai membaik dan bahkan telah pulih dari kondisi pasca terjadi bencana alam gempa tahun lalu. Mulai kesiapan Infrastruktur pendukung pariwisata pun telah rampung, sehingga, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan wisatawan untuk datang berwisata ke NTB. 

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Kreasi Bale Panggung Perajin Loteng

“Untuk infrastruktur destinasi wisata kita siap pascagempa sudah bangkit dan normal,” ujarnya. 

Diakuinya, kondisi saat ini lebih kepada karena harga tiket pesawat yang melonjak, pemberlakukan bagasi berbayar dan bukan pascagempa. Mengingat sejumlah tempat wisata telah pulih, sehingga diharapakan harga tiket dapat segera diatasi agar pariwisata di Indonesia terutama di NTB dapat kembali membaik lagi. 

“Fasilitas umum dan sosial semua sudah siap dan kembali normal,” katanya. (cr-dev) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut