Wagub Hadiri Peringatan HPN 2020

Wagub Hadiri Peringatan HPN 2020
HARI PERS : Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd (Ummi Rohmi) menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjar Baru Kalimantan Selatan.( IST/radarlombok.co.id)

BANJARBARU – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd (Ummi Rohmi) menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjar Baru Kalimantan Selatan. Ummi Rohmi hadir diundang bersama para Kepala Daerah Provinsi dan kab/kota dari seluruh Indonesia lainnya.

 Wagub tiba pukul 07. 30 Wita di Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Aneka Tambang, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020). Tema acara HPN tahun ini adalah ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara’. Membuka acara, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers yanga da di seluruh Indonesia. “Selamat hari pers kepada insan pers, dimanapun suara berada. Saya selalu berusaha hadir di setiap kegiatan HPN, ini demi hari Pers Nasional,” jelas Jokowi.

 Presiden Jokowi yang hadir dengan kemeja khas putihnya mengaku menyempatkan diri menghadiri peringatan HPN 2020 di tengah kesibukannya. “Dalam perjalanan menuju Canberra saya membelokkan perjalanan ke Banjarmasin. Sekali lagi ini demi HPN,” ucapnya.

 Jokowi juga mengingatkan kembali peran pers dalam berbangsa. Ia menuturkan selain sebagai lembaga untuk memberitakan kinerja pemerintah, pers juga berkontribusi menjaga kondusivitas bangsa. “Peran pers diharapkan tidak menambah kepanikan. Negara sangat membutuhkan dalam perspektif yang jernih,” ujarnya.

 Pada HPN 2020 ini, Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri kabinet Indonesia Kerja Jilid 2. Selain itu, turut mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sabhirin Noor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Dewan Pers M. Nuh dan Ketua Umum PWI Atal S Depari. Tampak juga Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy. Selain itu, ada juga Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar.

 Selain itu, terlihat hadir juga Staff Khusus Milenial Presiden Putri Tanjung, Aminuddin Ma’ruf, Andi Taufan Garuda Putra, Gracia Billy Mambrasar. Ditemui usai kegiatan, Wagub NTB juga turut menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap HPN Tahun 2020. Menurut Ummi Rohmi, pers sebagai mitra Pemerintah memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk senantiasa berkontribusi menginformasikan pembangunan yang dilakukan Pemerintah.

 Sementara itu Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan rangkaian peringatan  Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan menjadi yang terhijau dalam pelaksanaan selama ini. “Baru kali ini HPN dirangkai penanaman pohon dalam gerakan penghijauan. Apalagi Presiden langsung ikut menanam, kami sangat apresiasi,” ucap Atal dalam sambutannya

 Rangkaian peringatan HPN 2020 berlangsung sejak 7-9 Februari 2019 di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HPN 2020 diantaranya seminar inovasi pelayanan publik, pameran karya pers, serta Konvensi Nasional Media Massa. (hms/sal)

Komentar Anda