Wadahi Calon Independen, Ormas FNI Dibentuk

MATARAM– Masih ingat dengan inisiator calon independen di pilkada  Lalu Ranggalawe ?. Lama tak terdengar aktivitas politiknya, mantan anggota DPRD NTB Lombok Tengah itu  akan kembali muncul dipanggung politik dengan membentuk organisasi sosial kemasyarakatan (ormas) Federasi Nasional Independen (FNI).

Tujuan pembentukan ormas tersebut untuk bisa mewadahi kepala daerah yang berasal dari calon independen, baik gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia. " Tekad saya dengan ormas FNI ingin menyatukan semua kepala daerah melalui jalur independen," ucap Lalu Ranggalawe kepada Radar Lombok, kemarin.

Momentum ke- 9 tahun keberadaan calon independen di pilkada pada tanggal 25 Juli 2016 sejak diputuskan  Mahkamah Konstitusi (MK) dijadikan langkah awal menginisiasi terbentuk ormas bagi calon independen pilkada di seluruh Indonesia. Direncanakan ormas FNI tersebut bakal memiliki cabang di semua daerah di Indonesia. Keberadaan dari ormas FNI tersebut kedepan diharapkan bisa memback up dan mendukung para calon kepala daerah melalui jalur independen. Dengan ada ormas FNI tersebut ditargetkan bisa memperkuat konsolidasi calon kepala daerah independen." Untuk sementara sentral dari ormas FNI di NTB," terangnya.

BACA JUGA :  Sekolah Verifikasi Calon Siswa Jalur BL

Dia tidak menepis, didirikannya ormas FNI tersebut untuk menyonsong gelaran pertarungan pilkada serentak 2017 dan 2018.

Ormas FNI bisa menjadi mesin politik bagi para calon kepala daerah maji bertarung melalui jalur independen.

Disinggung terkait dengan pilkada  NTB 2018 ?. Ranggalawe mengatakan, dirinya akan menjajal perebutan kursi NTB 1 melalui jalur independen. Meski diakui, dirinya belum akan mendeklarasikan pencalonannya sebagai bakal calon Gubernur NTB melalui jalur independen. Walaupun, tim sudah mulai bergerak untuk mempersiapkan KTP dukungan pencalonan." Tapi sekarang saya fokus dulu mempersiapkan perangkat pendukung ormas FNI," ucapnya. (Yan)