Wabup Puji Kearifan Budaya Lokal Santong Mulia

TANJUNG-Masyarakat Desa Persiapan Santong Mulia Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengadakan syukuran atas keberhasilan Desa Persiapan Santong Mulia sebagai juara umum mewakili Kecamatan Kayangan dalam lomba dulang pesaji, saat gelaran lebaran ketupat tingkat KLU beberapa waktu lalu. Syukuran dilaksanakan di Gedeng Aludin Lokok Sutrang, Sabtu (6/8), dengan dihadiri langsung Wakil Bupati KLU, Sarifudin, SH dan Camat Kayangan, Tresna Hadi.

Sarifudin dalam sambutannya sangat mengapresiasi seluruh masyarakat Desa Persiapan Santong Mulia yang telah mampu berprestasi sebagai juara satu dan juara umum dulang pesaji. “Ini merupakan satu kehormatan bagi warga masyarakat Desa Persiapan Santong Mulia pada khususnya dan Kecamatan Kayangan pada umumnya, bahwa piala bergilir ini adalah satu-satunya yang diperebutkan oleh lima kecamatan yang ada di KLU, dan Alhamdulillah, Kecamatan Kayangan sebagai juaranya,” ujar mantan jurnalis ini.

Menurut Sarifudin, Desa Persiapan Santong Mulia ditunjuk oleh Camat Kayangan, Tresna Hadi untuk mewakili kecamatan, telah melalui penilaian tersendiri sebelum diputuskan. “Camat Kayangan melihat bahwa di Desa Persiapan Santong Mulia ini memiliki semangat yang luar biasa, memiliki rasa persatuan yang luar biasa, memiliki rasa kekeluargaan yang luar biasa serta memiliki semangat kepedulian yang luar biasa untuk mempertahankan nilai-nilai kearifan budaya lokal yang ada dan ditampilkan pada event tersebut. Sehingga penilaian dari Camat Kayangan untuk menunjuk Desa Persiapan Santong Mulia mewakili Kecamatan Kayangan dalam event tersebut adalah sangat tepat,” terangnya.

Camat Kayangan, Tresna Hadi mengatakan, ditunjuknya Desa Persiapan Santong Mulia untuk mewakili Kecamatan Kayangan dalam lomba dulang pesaji, memang disengaja, dikarenakan memang seluruh masyarakatnya kompak, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam mengangkat dan membudayakan kearifan budaya lokal yang ada. Sehingga pada setiap event-event yang diselenggarakan di tingkat kabupaten, pihaknya kerap mempercayakan kepada masyarakat yang ada di Desa Persiapan Santong Mulia ini untuk mewakili Kecamatan Kayangan. “Alhamdulillah, terbukti apa yang saya berikan kepercayakan kepada masyarakat yang ada di Desa Persiapan Santong Mulia ini telah menunjukkannya dengan prestasi yang sungguh luar biasa, yakni keluar sebagai juara satu dan juara umum dalam lomba dulang pesaji pada event lebaran ketupat tingkat kabupaten tersebut,” terangnya.

Usai memberikan sambutan, Sarifudin selanjutnya menyerahkan piala bergilir kepada Camat Kayangan dan Camat Kayangan menyerahkan piala tetap kepada Sekretaris Desa Persiapan Santong Mulia. Kariati Al Bayan. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid