Wabup Kukuhkan Forum Kadus Kecamatan Keruak

FORUM KADUS: Wabup Lotim, Khairul Warisin, ketika mengukuhkan Forum Kadus Kecamatan Keruak, Senin kemarin (12/12) (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG–Mempercepat berbagai pembangunan dan perkembangan di pemerintahan desa di Lombok Timur (Lotim), Wakil Bupati Lotim, Khairul Warisin, Senin (12/12), mengukuhkan Forum Kepala Dusun Kecamatan Keruak.

Dalam sambutan Wabup menyampaikan, terbentuknya Forum Kadus di Kecamatan Keruak, merupakan cermin adanya pemikiran yang sama, dan bisa dimanfaatkan untuk kemajuan masing masing pedusunan.

“Jadi di Lombok Timur ini sudah banyak kecamatan yang membentuk Forum Kadus, dengan tujuan pemerintah ingin memberikan dukungan penuh kepada Kepala Dusun,” ungkapnya, kemarin.

Disampaikan,Kadus merupakan tulang punggung sekaligus orang terdepan pemerintahan di lingkungan pedusunan, untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Meskipun untuk itu, honor yang didapatkan Kadus tidak sebanding dengan tugasnya. “Pengentasan kemingkinan di masing masing dusun. Tugas Kadus saat ini sangat berat, tidak seperti dahulu,” paparnya.

Namun dibalik itu, menjadi Kadus itu juga harus amanah. Artinya, dengan menjadi Kadus harus bisa menerima honor (kecil), dan fasilitas minim yang diberikan oleh pemerintah. “Jadi ketika sudah terpilih menjadi kepala dusun, kita harus siap dengan fasilitas yang sudah diberikan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, Kalau melihat di Indonesia saat ini, tidak ada pemerintah daerah yang memberikan fasilitasi kendaraan bermotor kepada Kadus, kecuali di NTB. Meskipun untuk itu Kabupaten Lotim masih banyak Kadusnya yang belum mendapatkan. ”Bagi Kadus yang belum medapatkan kendaraan harus bersabar. Jangan merasa iri dengan Kadus lain yang sudah mendapatkan kendaraan dinas,” imbaunya.

BACA JUGA :  Ratusan Warga Santong Gedor Kantor Camat Terara

Dengan terbentuknya Forum Kadus ini, maka apa yang menjadi tujuan dari forum harus bisa dilakukan. Namun keberadaan forum ini jangan disalahgunakan, yang justru akan merusak pemerintahan yang ada diatas Kadus. “Jangan jadikan forum in untuk berdemo. Tapi jadikan forum ini untuk membuat suasana yang baik, untuk membangun masyarakat kita di tingkat Kekadusan menjadi lebih aman,” harapnya.

Sementara camat Keruak, Idham menyampaikan terima kasih kepada Wabup Lotim, yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri pengukuhan Forum Kadus Kecamatan Keruak.

“Di Kecamatan Keruak saat ini ada sebanyak 74 Kekadusan, yang tersebar di 15 desa. Hanya saja, mengingat kegiatan yang digelar ini tidak begitu teroganisir, maka kehadiran Kadus hanya sekitar 50 persen saja,” beber Idham. (cr-wan)