Wabup Klaim Pemerintahan Ali BD Lebih Baik

Wabup Klaim Pemerintahan Ali BD Lebih Baik
SILATURAHMI: Wakil Bupati Lotim, Haerul Warisin ketika melakukan silaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Sakra Barat, sekaligus membeberkan berbagai keberhasilan program yang dicapai pemerintahannya bersama Bupati Ali BD. (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim), H. Haerul Warisin, ketika melakukan kunjungan kerja, sekaligus silaturahmi dengan masyarakat di wilayah Kecamatan Sakra Barat, memaparkan beberapa program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim yang telah sukses dilaksanakan, selama pemerintahannya bersama Bupati Ali BD.

Hal itu disampaikan Wabup, untuk menjawab berbagai pertanyaan masyarakat, terkait progress berbagai program pembangunan oleh Pemkab Lotim, baik yang disampaikan secara langsung maupun melalui media sosial (Medsos).

“Secara umum akselerasi pembangunan di Lombok Timur jauh lebih baik, dibandingkan masa pemerintahan sebelumnya. Buktinya, beberapa sektor pendapatan yang sebelumnya kurang dimaksimalkan oleh pemerintah daerah, saat ini sudah maksimal,” klaim Wabup.

Selain itu, saat ini beberapa sektor juga terus digenjot agar dapat memberikan PAD maksimal bagi Lotim. Dimana saat ini pendapatan asli daerah (PAD) Lotim mencapai Rp 250 miliar, atau meningkat 100 persen lebih dibandingkan sebelumnya yang hanya mencapai Rp 116 miliar. Menurutnya, penyesuaian tarif tambang galian C dan pemantapan manajemen BUMD, menjadi beberapa cara pemkab  untuk meningkatkan serapan PAD itu.

Adanya peningkatan yang cukup signifikan pada sisi PAD sambungnya, menyebabkan pemkab lebih leluasa melakukan pembangunan tanpa melakukan hutang kepada pihak lain. Beberapa infrastruktur strategis seperti pasar, Puskesmas, Kantor Bupati, dan Gedung DPRD berhasil dibangun. Hal ini dinilai penting untuk menjaga kondisi keuangan daerah yang masih mengalami keterbatasan.

Demikian di bidang pertanian lanjutnya, status daerah sebagai penyangga beras dan cabai Nasional juga menjadi prestasi tersendiri bagi sektor pertanian Lotim. Pun tata kelola pertanian secara umum juga dinilai berjalan lebih baik dibandingkan masa sebelumnya. ”Hal ini dapat dilihat dari jumlah bantuan yang dapat diberikan kepada petani, serta penanganan permasalahan petani yang lebih responsif,” pungkasnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid