Visa 14 JCH Belum Keluar

MATARAM – Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah NTB bergerak cepat mengurus visa para jamaah haji.

Sampai saat ini, dari 3.596 jamaah haji,yang belum ada visanya dan masih dalam proses tinggal 14 orang. Kepala Bidang Urusan Haji Kemenag NTB, Maad Umar  menyampaikan, visa para jamaah haji telah tiba. Pihaknya memang fokus menuntaskan persoalan visa  agar tidak terjadi lagi kekhawatiran seperti tahun-tahun sebelumnya. "Semua sudah keluar kok, tinggal yang ada perubahan-perubahan ini saja yang belum keluar sekitar 14 orang," ungkapnya saat ditemui Radar Lombok di ruang kerjanya, Kamis kemarin (11/8).

Menurutnya, ke-14 orang tersebut memang ada kendala karena adanya pergantian jamaah yang berangkat. Biasanya disebabkan jamaah mengundurkan diri, sedang sakit dan lain-lain. Namun Maad memastikan, sebelum pemberangkatan semuanya sudah tuntas dengan baik. Untuk mengantisipasi lagi nantinya ada jamaah yang sakit, mengundurkan diri atau meninggal dunia, sudah ada calon jamaah haji yang akan menggantikannya lansung. "Kita ada 90 calon jamaah haji cadangan yang sudah melunasi biaya, jadi kalau ada yang tidak bisa berangkat langsung akan diganti oleh mereka," ucapnya.

Semua persiapan dan segala kebutuhan jamaah haji telah rampung. Rapat koordinasi dengan semua pihak juga telah dilakukan seperti dengan PT Angkasa Pura I, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian  dan lain-lain. Hasil rapat tersebut semakin memantapkan pemberangkatan jamaah haji.

Kemenag telah menyusun jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji embarkasi Lombok tahun 2016/1437 hijriah. Nantinya tanggal masuk asrama  dan pemberangkatan berdasarkan kloteryang telah  dibagi. "Kita kan tahun ini berangkat hanya gelombang kedua saja, masuk asrama mulai tanggal 22 Agustus untuk kloter 1 ," terangnya.

Untuk kloter 1 akan berangkat ke Jeddah pada tanggal 23 Agustus dan dipulangkan lagi sampai Mataram tanggal 2 Oktober. Kemudian kloter 2 masuk asrama tanggal 23 Agustus, berangkat 24 Agustus dan pulang tanggal 3 Oktober.

Kloter 3 masuk asrama tanggal 25 Agustus dan berangkat tanggal 26 Agustus, kemudian hari berikutnya kloter 4. Kloter 5 masuk asrama tanggal 28 dan berangkat 29 Agustus, hari berikutnya dilanjutkan oleh kloter 6, lalu kloter 7 dan kemudian kloter 8.

Untuk kloter 9 akan masuk asrama mulai 3 September dan berangkat tanggal 4 September. Terakhir kloter 10 dan 11 masuk asrama di hari yang sama tanggal 4 September dan berangkat ke Jeddah juga sama tanggal 5 September. "Kloter 11 kan sedikit hanya 47 orang, makanya kita gabung dengan kloter 10," jelas Maad.

Para petugas kloter telah disiapkan dengan baik. Berbagai urusan lainnya juga semakin baik dan tuntas disiapkan. "Harapan kita tentu semoga semua jamaah haji tetap sehat selalu, menjaga kesehatan dan bisa mendapatkan haji yang mabrur," tutup Maad. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid