Viral, Remaja 15 Tahun Nikahi Gadis 12 Tahun

TERSIPU MALU:Suhaimi dan Nur tersipu malu saat diwawancarai wartawan dikediamannya, Selasa (15/9) (M.HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA — Pernikahan dini kembali terjadi di Lombok Tengah (Loteng). Kali ini pernikahan antara Suhaimi (15 tahun) warga Dusun Montong Indah Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat dengan Nur Herawati (12 tahun) warga Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat.

Pernikahan sepasang remaja di bawah umur ini pun menjadi perhatian di media sosial. Suhaimi yang kini tercatat masih duduk di bangku kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di kampungnya. Sedangkan Nur Herawati yang baru kelas VII MTs. Mereka dinikahkan di kediaman mempelai pria secara diam-diam pada Sabtu (12/9). Dua sejoli ini sebenarnya tidak lama saling mengenal, tapi baru empat hari sebelum mereka merariq (menikah,red). Mereka dikenalkan oleh teman dari Suhaimi. Lalu sekitar akhir Agustus lalu, Suhaimi membawa Nur Herawati pergi jalan- jalan. Hanya saja, karena pulang malam membuat orang tua dari Nur Herawati tidak menerima.

Oleh kepala dusun asal Suhaimi, sempat melakukan pendekatan bahkan hingga tiga minggu sebelum akad nikah berlangsung. Hanya saja, orang tua dari Nur Herawati tetap menginginkan anaknya dinikahi Suhaimi. Sehingga, pihak keluarga memutuskan untuk menikahkan Suhaimi dan Nur Herawati secara diam- diam tanpa dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). “Saya juga tidak hadir saat pernikahan berlangsung. Padahal saya sudah berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjadi (pernikahan),”terang Kepala Dusun (Kadus) Montong, Ehsan.

Inaq Rahimin ibu dari Suhaimi mengaku hanya bisa pasrah. Dia sedih anaknya menikah dalam kondisi seperti ini dan keadaan ekonomi keluarganya yang kekurangan. Namun pernikahan sudah terjadi dan sebagai orang tua dia mendukung anaknya. Inaq Rahimin yakin anaknya bisa mencari nafkah untuk menghidupi istrinya. ” Meskipun masih sekolah, dia (Suhaimi) bisa jualan, bahkan sampai Sembalun dia berdagang meskipun masih kecil-kecilan karena masih sekolah,” katanya.(met)

BACA JUGA :  Cerita Remaja 15 Tahun yang Menikahi Gadis 12 Tahun