Vakum 2 Tahun, Natal Bersama MKAG Digelar Lagi

NATAL : MKAG NTB mempersiapkan pelaksanaan ibadah natal bersama di Auditorium Yusuf Abubakar Universitas Mataram, hari ini. (Ali/Radar Lombok )

MATARAM — Setelah sempat vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Ibadah dan perayaan natal bersama umat Kristiani di Provinsi NTB kembali dilaksanakan di tahun 2022. Gereja-gereja yang tergabung dalam Musyawarah Kerjasama Antar Gereja (MKAG) NTB menginisiasi ibadah dan perayaan natal bersama digelar kembali tahun ini.

MKAG sudah membentuk kepanitiaan untuk mempersiapkan pelaksanaan ibadah dan perayaan natal bersama. Auditorium Yusuf Abubakar Universitas Mataram (Unram) dipilih sebagai lokasi pelaksanaan ibada dan perayaan natal bersama. Gedung berkapasitas 2 ribu tempat duduk itu dipastikan bisa menampung kehadiran umat Kristen di kegiatan natal bersama. ‘’ Natal bersama ini akan dilaksanakan Selasa (27/12) di gedung Yusuf Abubakar Unram,’’ ujar Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) wilayah NTB, Pendeta Yance Tonapa, M.Th di Mataram, Senin (26/12).

MAKG mengundang pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Porkopimda) NTB. Terdiri dari Gubernur NTB, Ketua DPRD NTB, Kapolda NTB, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, Danrem 162/WB dan Kajati NTB. Wali Kota Mataram juga diundang di kegiatan ini. MKAG merupakan wadah kerjasama bagi semua gereja di NTB. Baik itu gereja Kristen Protestan maupun Katolik yang tersebar di NTB menjadi anggota MKAG. Natal bersama MKAG NTB tahun ini memilih tema ‘’ Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain’’. Tema ini dikeluarkan persatuan Gereja-Gereja di Indonesia bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang dikutip dari Alkitab, Injil Matisu pasal 2 ayat 12.

Baca Juga :  Dewan Desak Praktek Manipulasi Pajak Dipidana

Berkaca pada ibadah dan perayaan natal bersama MKAG sebelumnya. Kehairan umat Kristen lebih dari 1.500 orang. Pada perayaan natal bersama tahun ini. MKAG berharap Gubernur NTB menghadiri kegiatan tersebut. ‘’ Kami berharap Pak Gubernur hadir di kegiatan besok. Semoga natal bersama yang diprakarsai oleh MKAG bisa berjalan dengan baik,’’ harapnya.

Ketua Panitia natal bersama MKAG NTB 2022, Pendeta Miss Pelletimu Sono-Bogar mengatakan, kegiatan diawali dengan ibadah natal bersama, Selasa (12/27) mulai pukul 18.00 Wita. Pendeta Yance Tonapa, M.Th yang juga Ketua PGI Wilayah NTB dijadwalkan memimpin ibadah natal bersama. Dia akan didampingi pimpinan gereja-gereja lain yang tergabung dalam MKAG NTB seperti Romo Laurensius Maryono dari Gereja Katolik Ampenan. ‘’ Melalui kebersamaan dalam beribadah dan merayakan natal bersama, diharapkan umat Kristen di NTB semakin kuat menopang dan berkontribusi bagi kemajuan daerah yang dicintainya Nusa Tenggara Barat. Sehingga sasaran NTB Gemilang yang dicanangkan Gubernur Dr H Zulkieflimansyah, SE, M.Sc semakin menjadi nyata,’’ kata Pendeta Miss Pelletmu Sono-Bogar.

Baca Juga :  Siswa Belajar di Parkiran, Komite SMPN 14 Mataram Ingatkan Pemkot

Ketua MKAG Provinsi NTB, Rm Laurensius Maryono mengajak semua gereja di NTB untuk memaknai natal dengan kerja dan pelayanan bagi sesama umat manusia. Semua karya layan umat Kristen antara lain juga untuk dipersembahkan bagi kemajuan dan kesejahteraan Provinsi NTB. “Natal bersama juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesatuan umat Kristen dan umat Katolik serta dengan pemerintah sehingga terbangun optimisme dan kerjasama yang baik dalam upaya bersama menuju NTB gemilang,’’ ungkap Rm Laurens.(gal)

Komentar Anda