Vaksin Sudah Tiba di NTB, Siap-Siap Ya Bagi yang Masuk Daftar Divaksin!

IST/ SUDAH TIBA: Vaksin covid 19 sudah tiba di NTB Selasa (5/1/2021). Vaksin ini kemudian disimpan di gudang cold chain Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

MATARAM–Dinas Kesehatan NTB sudah menerima vaksin covid 19. Kedatangan vaksin sinovac ini dikawal ketat pihak kepolisian hingga ke  gudang penyimpanan cold chain Dinas Kesehatan NTB.

Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan, vaksin tiba di NTB hari ini (5/1/2021) sekitar pukul 08.00 WITA. NTB mendapatkan jatah 28.760 dosis. “Sekarang sudah dalam penyimpanan di tempat yang sudah kita siapkan,” katanya saat dihubungi.

Vaksin lanjutnya dikirim dari gudang Biofarma melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dengan menggunakan dua pesawat Batik Air. Kemudian dalam pengiriman mendapatkan pengawalan.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan NTB akan membagikan ke semua kabupaten/kota. Namun terlebih dahulu harus menunggu jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Untuk sementara tetap akan disimpan di provinsi. “Dengan kita terimanya vaksin ini, maka kita tinggal menunggu jadwal vaksin oleh pusat. Karena jadwalnya sudah ditentukan,” katanya.

Sebelumnya, Eka mengatakan, vaksin tahap pertama ini untuk tenaga kesehatan (nakes). Jumlah nakes yang sudah terdata 25 ribu dari 30 ribu orang. “Nanti data akan kita screening lagi apakah nakes tersebut masuk dalam syarat atau tidak,” terangnya. ( wan)