Usulan CPNS Loteng Didominasi Tenaga Guru dan Medis

H-MOH-NAZILI
H Moh Nazili (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lombok Tengah mengusulkan 1520 calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kemenpan RB untuk formasi tahun ini. Formasi CPNS yang diusulkan didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Kepala BKPP Lombok Tengah, H Moh Nazili mengatakan, setelah melakukan konsultasi dengan berbagai instansi di pemda terkait jumlah kebutuhan setiap instansi. Diperoleh secara keseluruhan sebanyak 1529 CPNS. “Sebelumnya kita sudah mendata di setiap dinas untuk kebutuhan CPNS yang kita usulkan ini. Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni didominasi oleh guru dan tenaga kesehatan,” ungkap Nazili, Jumat (21/6).

Nazili merincikan tenaga pendidik yang diusulkan berjumlah sekitar 680 orangn dan tenaga kesehatan sebanyak 443 orang yang terdiri dari tenaga di Dinas Kesehatan (Dikes) sebanyak 227 orang dan tenaga di rumah sakit sebanyak 156 orang. “Selain di kesehatan dan guru, kita usulkan juga untuk tenaga teknis sebanyak 407 yang nantinya akan disebar di masing-masing instansi terkait,” jelasnya.

KLIK DISINI >> Simulasi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan CAT CPNS Online 2019

Saat ini, pihaknya tidak mengusulkan untuk formasi CPNS untuk dokter sepesialis. Mengingat dokter sepesialis juga saat ini mulai jarang. Karena mereka banyak mendapatkan penghasilan dari membuka lokasi pratik, di satu sisi memang tahun sebelumnya juga tidak ada yang lulus. “Kalau dari jumlah yang kita usulkan semuanya terpenuhi. Maka dari segi gaji kita juga sudah siapkan dan kita rasa sudah mampu kita lakukan,” terangnya.

Khusus untuk formasi guru, pihak dinas sudah menentukan langsung lokasi mana yang akan dijadikan menjadi tempat bertugas bagi para guru yang lulus tersebut, hal itu diberitahukan saat melakukan pendaftaran. Di mana rata-rata para guru tersebut akan ditempatkan di wilayah terpencil di Lombok Tengah. “Jadi saat mendaftar kita tanyakan dulu kesiapannya apakah mau ditempatkan di lokasi terpencil atau tidak. Karena kebanyakan sebelumnya banyak yang kita tempatkan di lokasi terpencil tapi mereka mengeluh, padahal kita sangat membutuhkan untuk guru di sekolah terpencil ini,” tambahnya.

BACA JUGA: Rekrutmen P3K Awal Juli, CPNS Bulan Oktober

Disampaikan, usulan sudah dilakukan mengingat batas pengusulan CPNS tersebut hingga 20 Juni, ia berharap dengan sudah diusulkannya formasi CPNS ini membuat kebutuhan CPNS di Lombok Tengah bisa terpenuhi. Mengingat jumlah PNS di daerah itu terus mengalami kekurangan karena banyak yang pensiun. “Kalau sudah kita usulkan maka tinggal kita menunggu keputusan dari Kemenpan-RB. Mudah-mudahan jumlah yang kita usulkan ini semuanya bisa diterima. Karena itu sudah sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan kita setelah rapat koordinasi dengan OPD di sini,’’ tandasnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid