USBN SMA/SMK di NTB Lancar

USBN: Inilah suasana USBN yang diselenggarakan di SMAN 4 Mataram, Rabu (22/3) (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Pantauan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di NTB berjalan maksimal dan kondusif. Hingga sejauh ini tak ada satu pun laporan berupa keluhan dari sekolah.

“Kami sangat bersyukur proses USBN berjalan dengan baik dan maksimal,” Kata Kabid Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, H. Surya Bahari, Rabu kemarin (22/3).

Dari 10 kabupaten kota yang ada di NTB, jelasnya, tak satu pun sampai saat ini melontarkan keluhan. Proses pelaksanaan USBN dianggap sudah sesuai rencana.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Selain berjalan lancar dan kondusif, ungkapnya, yang menarik adalah ada sebagian sekolah yang menerapkan USBN dengan sistem komputerisasi. Beberapa sekolah yang menggelar USBN dengan system komputerisasi yakni, SMAN 1 Praya Lombok Tengah. Di samping itu, ada juga sekolah-sekolah lain yang melakukan langkah serupa.

“Pemanfaatan sistem komputerisasi terutama banyak ditemukan di Kota Mataram,” imbuhnya.

Dalam proses penyelenggaraan USBN, jelasnya, tidak sedikit sekolah dan kalangan guru yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Antusiasme ini disinyalir karena adanya susasana baru., terutama karena SMA, SMK dan SLB yang dikelola Dikbud NTB.

Atas kesuksesn kegiatan itu, Surya sangat berharap kepada seleuruh sekolah agar bisa menjadikannya pelajaran berharga. Baik bagi sekolah yang menggunakan sistem komputerisasi maupun sistem kertas.

Terpisah, Kepala SMKN 4 Mataram, H. Zumri mengatakan, pelaksanaan USBN rata-rata berlangsung dengan lancar . Khusus di sekolahnya disebutnya menggunakan sistem komputerisasi.

Digunakannya sistem komputerisasi, jelasnya, karena pemanfaatannya lebih sederhana. Bahkan waktu pelaksanaan pun menjadi lebih efektif dan membuat pembiayaan lebih irit. “Kemudian tingkat keamanan soal pun sangat tinggi,” jelasnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid