USBN Selesai dan Lancar

SERIUS: Siswa SMAN 1 Praya tengah serius mengikuti USBN 20-23 Maret kemarin (Apenk/Radar Lombok)

PRAYA—Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di masing-masing sekolah sudah selesai dan berjalan lancar. Pelaksanaan USBN ini sudah dilaksanakan mulai dari tanggal 20-23 Maret.

Pantauan Radar Lombok di sejumlah sekolah, pelaksanaan USBN di Lombok Tengah (Loteng) rupanya ada yang menggunakan sistem komputerisasi. Namun demikian, masih didominasi pelaksanaannya dengan menggunakan sistem kertas (based on paper).

“Kami menggunakan dua sistem, yakni komputerisasi dan kertas,” ungkap Kepala SMAN 1 Praya, Drs HL Juanda, Kamis 923/3).

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Dalam soal USBN itu, jelasnya, untuk soal ganda erjumlah 40 pertanyaan dan menggunakan komputer. Sedangkan untuk menjawab soal rangkaian mengunakan kertas, namun soalnya melalui komputer.

“Jadi USBN aja kita tetap menggunakan Komputer, kecuali untuk isian, sebab program komputer untuk isian belum ada. Namun soalnya tetap di komputer,” imbuhnya.

Proses USBN menggunakan komputer, terangnya, untuk membiasakan siswa mengoperasikan perangkat teknologi tersebut. Dengan demikian, ketika Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah terbiasa mengoperasikan perangkat tersebut.

Saat USBN kemarin, ada 9 mata pelajaran yang diujikan. Tiga mata pelajaran IPA, tiga IPS dan tiga bahasa Indonesia. Untuk IPA sendiri terdiri dari pelajaran Kimia, Fisika 54 dan Biologi. Selanjutnya, untuk jurusan IPS dengan pelajaran  Ekonomi, Sosiologi dan Geografi .

“Jurusan bahas terdiri dari pelajaran, bahas Arab, Sastra Indonesia dan Antropologi,” jelasnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid