Unram Terima 1200 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

TES SNMPTN : Kepala Biro Akademik, Kerja Sama, dan Perencanaan Unram, Irpan Siswadi didampingi Mas Dwi saat memberikan keterangan pelaksanaan SNMPTN tahun akademik 2022/2023. (ABDI ZAELANI / RADAR LOMBOK )

MATARAM — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Selasa (29/3) secara resmi mengumumkan hasil Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2022/2023. Pengumuman resmi SNMPTN dapat dilihat secara online pada Selasa 29 Maret pada pukul 16.00 Wita.

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR) I Universitas Mataram (Unram) Dr Agusdin mengatakan, sesuai dengan jadwal dari panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) pengumuman kelulusan SNMPTN secara nasional dilaksanakna serentak pada Selasa (29/3), mulai pukul 16.00 Wita. Pengumuman hasil SNMPN di Unram sendiri dapat diakses di website utama https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. https://snmptn.unram.ac.id/

“Kami belum bisa mengetahui berapa yang lulus dan tidak lulus melalui jalur SNMPTN ini. Karena datanya masih terpusat di LTMPT,” kata Agusdin.

Kendati demikian, Agusdin menyebut, untuk penerimaan mahasiswa baru Unram melalui jalur SNMPTN sebanyak 1.200 orang atau 20 persen dari total jumlah mahasiswa baru yang diterima Unram melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Tes Mandiri pada tahun akademik 2022/2023.

BACA JUGA :  Unram Pecat Oknum Mahasiswa Pengibar Bendera OPM

Disebutkan Agusdin, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang memilih Unram sebagai pilihan utama ada 7000 lebih dan untuk menjadikan Unram sebagai pilihan kedua ada sekitar 6000 lebih. Dengan demikian, total calon mahasiswa baru yang mendaftar dan memilih Unram, baik yang menjadi pilihan pertama maupun kedua sebanyak 13 ribu lebih. Sementara, kuota yang diterima Unram melalui jalur tes masuk SNMPTN hanya 1.200 orang.

Dikatakan Agusdin, dari 38 prodi S1 yang disiapkan Unram, yang paling banyak diminati, yakni Farmasi dan Informatika. Ini program studi eksak, sedangkan program studi yang non eksak, seperti Manajeman, Akutansi dan PGSD. Kalau dilihat dari 38 prodi ini yang paling kurang diminati, yakni prodi Fisika dan Ilmu Kelautan. Sedangkan yang paling banyak peminatnya adalah Fakutlas Kedokteran.

BACA JUGA :  Jelang Ajaran Baru, Kepsek dan Guru Siap –Siap Dimutasi

Agusdin mengaku jika pihaknya belum tahu secara pasti dari 38 prodi ini rincian persentasenya yang mendaftar, baik itu prodi yang paling banyak diminati maupun yang paling kurang, sebab datanya belum bisa diakses.

“Kalau kita total peminatnya sekitar 13 ribu, baik pilihan pertama maupun kedua. Total ini dari sisi peminat sama dengan tahun yang lalu,” terangya.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik, Kerja Sama, dan Perencanaan Unram, Irpan Siswadi menjelaskan sesuai dengan hasil dari panitia LTMPT menyebut SNMPTN tahun ini diikuti oleh 612.049 pendaftar. Dari total pendaftar ini sebanyak 120.643 orang diterima di 125 perguruan tinggi negeri. Jadi total calon mahasiswa yang tidak lulus sebanyak 490.406 melalui jalur SNMPTN seluruh Indonesia.

“Namun jangan berkecil hati bagi yang belum lulus, karena akan ada jalur penerimaan UTBK SBMPTN,” ujarnya. (adi)