Unram Proyeksi Ilmuan Muda

unram
SEMINAR: Para peserta seminar ICST khusuk mendengarkan penyampaian salah seorang pembicara kunci dari Korea University, Prof. Hyun Jin Park. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Universitas Mataram (Unram) kini tengah memproyeksi lahirny apara ilmuan muda yang akan bisa meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi di NTB. Upaya Unram ini direalisasikan dengan menggelar seminar Internastional Conference on Science and Technology, Kamis kemarin (1/12). 

Seminar ini diselenggarakan seiring perkembangan bidang ilmu sains dan teknologi. Nampak dalam seminar itu, hadir tujuh pembicara kunci dari lima negara. Seminar dilaksanakan di Gedung Saintifik Hall Building Prof. Dr. Sunarpi, PhD Unram.

Kegiatan berskala internasional tersebut mampu menarik perhatian 300-an peserta yang didelegasi dari berbagai kampus dari Sabang sampai Marauke. Itupun, yang menjadi peserta mayoritas dari kalangan mahasiswa yang sedang menyelesaikan program pascasarjana.

Rektor Unram, Prof. Dr. H. Sunarpi, Phd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan berskala internasional tersebut merupakan salah satu cara pihaknya mengembangkan ilmuan muda Indonesia menuju pentas dunia. Targetnya minimal pada tahun 2025 mendatang dunia semakin mengakui kualitas NTB.

"Momen ini merupakan awal dari perkembangan ilmuan menuju pentas dunia," ungkapnya.

Selain itu, Sunarpi juga menyatakan, kegiatan tersebut merupakan strategi bertukar informasi antarnegara yang ikut terlibat di dalamnya. Seperti membuka peluang kolaborasi dan membuka peluang pertukaran mahasiswa nantinya.

Seminar tersebut diharapkan bisa melahirkan penemu-penemu baru tentang ilmu pengetahuan sains dan teknologi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan demi kepentingan sesame.

Sementara itu, panitia acara ICST, Dr. Ir. Satrijo Saloko, MP mengatakan, pihaknya menghadirkan 7 Pembicara dari berbagai kampus dari lima negara tidak lain untuk meningkatkan kualitas para calon ilmuan muda Indonesia. Adapun lama kegiatan akan dilakukan selama tiga hari dengan pemberian materi yang sesuai dengan jurusan semua peserta.

“Setelah itu, para peserta akan diminta untuk mempresentasekan hasil makalah yang dibuatnya dari hasil seminar tersebut,” ujarnya.

Bagi Satrijo, pelaksanaan seminar ini untuk kelas para peserta yang mayoritas dari kalangan S2 menurutnya cukup panjang. Pihaknya yakin kegiatan yang diselenggarakan itu akan berjalan sukses dan bisa melahirkan ilmuan-ilmuan yang berkualitas.

Di sela-sela laporannya, Satrijo tak lupa mempromosikan keindahan pariwisata di NTB. Promosi ini disampaikan kepada semua peserta, tak terkecuali kepada 7 pembicara kunci yang hadir di kegiatan tersebut. (cr-rie)

BACA JUGA :  Jabatan Dosen FKIP Unram Dipastikan Tamat
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaBelum Semua Cabor Jalankan Pelatnas
Berita berikutnyaKPU Jawab Soal PKPU Nomor 9