Unram Peringkat ke- 47 Kampus Terbaik Indonesia

Dr Agusdin (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK )
Dr Agusdin (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK )
Advertisement

MATARAM – Universitas Mataram (Unram) salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masuk sebagai 100 PTN terbaik di Indonesia. Di mana posisi Unram berada di peringkat ke- 47 dari ribuan kampus yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah, Unram berada di peringkat 47 dari 100 kampus terbaik yang masuk nominasi seluruh Indonesia,” kata Wakil Rektor I Unram Bidang Akademik Unram Dr Agusdin kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakan Agusdin,  meskipun banyak versi dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT), bahkan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) pada 2019 lalu, Unram juga berada di peringkat ke 47, tapi dengan kriteria yang berbeda.

Menurut Agusdin, Unram terus berbenah di semua sektor, sehingga menjadi yang terbaik, paling tidak di wilayah kawasan Indonesia timur. Pembenahan dilakukan  akreditas program studi, akreditasi internasional, memperbanyak publikasi dosen di jurnal international akreditasi A dan lainnya. Termasuk juga jumlah mahasiswa asing, kemudian mengadopsi pembelajaran dalam jaringan (Daring) dan mendatangkan dosen asing.

“Beberapa kelemahan kita di Unram terus dibenahi. Sehingga kita berharap kedepan satu persatu bisa kita benahi supaya Unram peringkat semakin diatas,” katanya.

Selain itu, beberapa program yang dijalankan untuk meningkatkan kualitas diantaranya, fokus pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, memperbanyak pelatihan dan penelitian, serta dari penelitian tersebut akan menghasilkan karya terbaik setiap mahasiswa dan dosen.

‘Kita akan berusaha menguatkan yang lemah dan menorong yang bagus untuk ditingkatkan lagi semakin lebih bagus lagi,” harapnya.

Oleh sebab itu, semua elemen di kampus Unram terus berbenah supaya salah satu PTN ternama dan terbesar di NTB ini bisa menjadi corong kemajuan di Indoensia bagian timur.

“Kita bersama-sama untuk ikhtiar supaya Unram menjadi corong kampus di Indonesia timur,” ungkapnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid