Unram Pastikan Mahasiswa Baru Bebas Narkoba

UNRAM
UNRAM

MATARAM – Universitas Mataram (Unram) tetap mengutamakan kesehatan bagi mahasiswa baru yang diterima tahun akademik 2018/2019. Salah satu point yang harus ditaati oleh calon mahasiswa baru adalah, bebas dari penyalahgunaan obat-obat terlarang (Narkoba).

”Jika ada calon mahasiswa baru yang positif Narkoba akan dikeluarkan,” kata Wakil Rektor I Unram, Prof H Lalu Wiresapta Karyadi, Sabtu (14/4).

Menurut Sapta, kebijakan Unram yang mewajibkan calon mahasiswa baru bebas dari penyalahgunaan Narkoba sudah menjadi ketentuan sejak lama.  Hal tersebut, untuk memastikan bahwa calon mahasiswa baru yang diterima di Unram terbebas dari penggunaan obat-obat terlarang. Sebagai pusat ilmu pengetahuan, sudah semestinya mahasiswa baru ini terbebas dari obat terlarang.

Oleh sebab itu, Unram memberlakukan aturan tes kesehatan bagi seluruh calon mahasiswa baru yang lulus tes tulis. Bagi mahasiswa baru positif pengguna Narkoba, meski mendapatkan urutan nilai tertinggi, Unram tetap mengeluarkan calon mahasiswa baru tersebut.

Hal tersebut diakui Sapta, sebagai bentuk dukungan moral kalangan dunia pendidikan dalam memberantas penyalahgunaan Narkoba. Terlebih lagi sekarang ini, peredaran Narkoba begitu nyata dan telah merusak generasi penerus bangsa. Kampus sebagai dunia pendidikan mengajarkan karakter dan budi pekerti, maka sudah sepatutnya ikut memberantas penyalahgunaan Narkoba melalui penerapan tidak menerima calon mahasiswa yang positif menggunkaan obat-obat terlarang tersebut.

Lebih lanjut Sapta mengatakan, aturan bagi calon mahasiswa baru bebas penyalahgunaan Narkoba, pada prinspnya sebagai salah satu upaya mengajak orang tua /wali murid untuk menjaga dan mengawasi anak mereka dari pergaulan dan perilaku menyimpang. Terlebih lagi, waktu mereka ketika menjadi pelajar, lebih banyak bersama orang tua atau diluar sekolah.

“Kita inginkan orang tua ikut memperhatikan dan menjaga anak mereka. Tidak dilepas begitu saja,”imbuhnya.(cr-isn)