Unram Ogah Dipusingkan Pemangkasan Anggaran

MATARAM—Pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat rupanya tak ingin membuat jajaran Universitas Mataram (Unram) dipusingkan. Padahal, pemangkasan anggaran tersebut bisa berdampak pada bantuan berupa beasiswa.

Pembantu Rektor I Unram, Prof Dr Lalu Wiresapta Karyadi mengatakan, semua perguruan tinggi negeri termasuk Unram merasakan dampak rasionalisasi anggaran. Dampak itu sangat kontras pada beberapa jenis beasiswa dari pemerintah. Sebut saja seperti beasiswa Bidik Misi, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM).

“Jelas semua ini akan dipangkas, yang ujungnya akan mengakibatkan kritisnya jumlah mahasiswa yang memiliki prestasi,” ungkapnya, Kamis (1/9).

Meski ada pemangkasan, terangnya, pihaknya memastikan tak akan larut dengan persoalan itu. Hanya saja, pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin agar program bantuan beasiswa tetap berlanjut.

Ia menyadari, dampak pemangkasan anggaran ini akan berimbas pada kualitas pendidikan. Karena itu, bantuan beasiswa sedapat mungkin bisa diterima oleh mahasiswa yang menimba ilmu di kampus ini. (cr-rie)