Unram Masuk 20 Besar Kampus Terbaik Versi Times Higher Education 2023

Rektorat Unram (DOK/Radar Lombok)

MATARAM – Universitas Mataram (Unram) masuk dalam 20 besar kampus terbaik Versi Times Higher Education (THE) Impact Rangkings 2023. Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo menjelaskan bahwa Unram termasuk dalam 20 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, 15 besar Perguruan Tinggi Negeri terbaik, dan 2 besar Kampus terbaik di wilayah Timur Indonesia.

“Unram masuk kedalam 20 besar Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia berdasarkan rangking Times Higher Education. Times Higher Education ini merupakan prankingan yg diakui Kemendikbud ristek,” kata Prof Bambang Hari.

Prof Bambang menyebut jika diperingkatkan khusus untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Unram masuk mendudukan peringkat ke-15. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Unram masuk urutan ke-15 terbaik di Indonesia. Untuk wilayah Timur Indonesia, hanya 2 Universitas yang masuk dalam 20 besar terbaik, yakni Universitas Hasanuddin dan Universitas Mataram. Artinya untuk wilayah Timur Indonesia, Unram nomor 2 terbaik di Indonesia.

Baca Juga :  Dikbud NTB Segera Mutasi Kepala Sekolah

Prof Bambang sebagai Rektor mmemasuki 1,2 tahun, Unram terus melakukan terobosan-trobosan terbaiknya. Tahun 2022 kinerja serapan anggaran Unram yang awalnya berada di ranking 20-an menjadi 3 nasional Perguruan Tinggi BLU dengan kinerja serapan anggaran terbaik.

Baca Juga :  28 Guru SD dan SMP di Lotim Gagal Diangkat Menjadi P3K

“Kita lakukan trobosan dengan membuat Unit Percepatan MBKM, Unit Percepatan Akreditasi, dan Unit Transformasi PTN BLU menuju PTN BH. Selanjutkan kita buat Unit Percepatan Internasionalisasi Unram,” ucapnya.

Bambang juga menjelaskan ada 4 metodelogi yang harus dibangun agar peringkat Unram terus melonjak. Pertama riset, kedua ada tata kelola, selanjutnya keterjangkauan, dan terakhir pengajaran. Pencapaian-pencapain tersebut harus dibersamai dengan kemampuan leadership yang baik.

“Tidak cukup dengan sistem, leadership sangat penting. Semua harus memiliki leadership yang baik. Tanpa leadership, sistem tidak akan berjalan seperti yang diharapkan,” katanya. (adi)

Komentar Anda