Unram Dapat Jatah 2.170 Beasiswa Bidikmisi untuk Maba

Ruspan, M.Ak (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Tahun akademik 2020/2021, Universitas Mataram (Unram) mendapatkan jatah 2.170 mahasiswa baru (Maba) untuk mendapatkan program pembiayaan Bidikmisi. Jumlah alokasi kuota penerima beasiswa Bidikmisi tahun akademik 2020/2021 lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 2019/2020 kurang dari 2.000 orang.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Unram Ruspan, M.Ak mengatakan, tahun akademik 2020/2021 ini, kuota untuk Unram dalam program beasiswa Bidikmisi sebanyak 2.170 orang mahasiswa baru. ”Program beasiswa Bidikmisi ini untuk membantu mahasiswa yang kekurangan biaya pendidikan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata Ruspan.

Diatakannya, program pemerintah yang disalurkan melalui Kemendikbud ini untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak ada biaya melanjutkan kuliah, namun memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini harus berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP), sebagai penerima program keluarga harapan (PKH) dan terdaftar sebagai penduduk miskin.

Untuk diketahui, jumlah mahasiswa baru di Unram sekitar 6.400 orang dari semua fakultas, baik S1, S2, S3, maupun D3. Namun yang mendapatkan Bidikmisi ini khusus yang program S1 maupun D3. “Yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini untuk mahasiswa kurang mampu S1 dan D3,” jelasnya.

Dijelaskan, beasiswa Bidikmisi adalah subsidi pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemendikbud untuk mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun memiliki prestasi. Baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik, seperti olahraga, seni dan beberapa keahlian khusus lainnya. Harapan pemerintah dengan adanya beasiswa Bidikmisi ini mereka yang ingin melanjutkan kuliah tidak lagi bingung karena tidak ada biaya.

Jika dikalkulasi jumlah beasiswa yang diberikan tidak hanya untuk keperluan membayar semester saja, melainkan biaya hidup perbulan dan biaya tempat tinggal. Sehingga bagi mereka yang sudah lulus beasiswa Bidikmisi ini dipastikan biaya selama kuliah terjamin. Tetapi bukan berarti perjuangan belajar sampai disini, melainkan terus berlanjut sampai lulus kuliah. “Beasiswa Bidikmisi ini jumlahnya cukup banyak, makanya sangat diburu. Untuk sementara mahasiswa yang mendapatkan Bidikmisi ini masih dalam proses dan sampai hari ini belum ditetapkan penerimaanya,” pungkasnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaSatu Orang Meninggal, Enam Kasus Baru dan Tiga Pasien Sembuh
Berita berikutnyaGerindra Full Speed di Sisa Waktu Kampanye