Unram akan Bangun Kampus II di Kawasan Gunung Sasak

BERTEMU : Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menerima perwakilan Unram untuk membahas rencana pembangunan kampus II di kawasan Gunung Sasak Kecamatan Kuripan belum lama ini. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG –  Universitas Mataram akan punya kampus II di kawasan Gunung Sasak Kecamatan Kuripan Lombok Barat. Jumat (4/6) lalu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bertemu dengan Rektor Unram, Prof. Dr. Lalu Husni, yang diwakili Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Yusron Saadi, beserta rombongan dalam rangka membahas  rencana pembangunan kampus II ini.

Dalam pertemuan ini, pihak Unram menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan kampus II di atas lahan seluas  sekitar 441 hektare. “ Masyarakat Lombok Barat mengharapkan dukungan untuk pengembangan dan pembangunan kampus II Unram dan ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat kita,” ungkap Yusron Saadi di hadapan bupati.

BACA JUGA :  Unram Gagal Opspek Mahasiswa di Bulan Puasa

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, Pemkab sangat mendukung pembangunan kampus II Unram. Dukungan tersebut juga akan dibarengi dengan penyediaan konsep tata ruang. “ Komunikasi kita baik dengan masyarakat dan Insyaallah tidak akan ada masalah untuk pembanguan kampus II Unram. Kami siap jadi aktor dan kami back up untuk pembangunannya,” ungkap bupati.

Rencana pembangunan kampus II Unram di Lobar ini sudah diupayakan sejak tahun 2020 lalu. Sejak saat itu Pemkab Lobar sudah menangkap peluang ini. Sejak tahun 2020 Pemkab Lobar menawarkan dua lokasi masing-masing di Mareje Kecamatan Lembar dan kawasan Gunung Sasak Kacamatan Kuripan.”Kita dari Pemkab Lobar sudah menawarkan dua lokasi kepada Unram untuk dipilih menjadi lokasi kampus,” kata bupati.

BACA JUGA :  Gubernur NTB Apresiasi Terobosan Dikbud NTB

Dengan adanya kepastian dari Unram, Bupati berharap masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran kampus di wilayah ini. Jika nanti sudah terwujud, tentunya ini akan memberikan dampak besar bagi perekonomian masyarakat.”Inshaallah akan memberikan dampak ekonomi dan pembangunan bagi masyarakat,” tegasnya.

Rencana pembangunan kampus II Unram di kawasan Gunung Sasak disambut baik oleh Kades Kuripan, Hasbi. “ Sangat kami terima dan mudahan bisa ada kepastian,” ungkapnya.

Keberadaan pusat pendidikan di Kecamatan Kuripan akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan pembangunan dan ekonomi masyarakat lewat aktivitas mahasiswa dan aktivitas kampus lainnya di tempat ini. (ami)