Unizar Mewisuda 170 Lulusan

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar H Nanang Samodra saat memberikan sambutan. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram menggelar wisuda sarjana strata satu (S1) yang ke-70 Tahun Akademik 2021/2022, dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Wisuda berlangsung di Prime Park Hotel, Kamis (23/12).

Lulusan yang melaksanakan wisuda pada semester genap tahun 2021 ini berjumlah 170 orang yang berasal dari enam fakultas yakni Fakultas Ekonomi (FE) 17 orang, Fakultas Hukum 89 orang, Fakultas MIPA 2 orang, Fakultas Teknik 39 orang, Fakultas Pertanian (FP) 5 orang dan yang terakhir Fakultas Kedokteran (FK) 18 orang. Dari 170 wisudawan 10 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.

Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Dr. Ir. Muh Ansyar, MP atas nama segenap civitas akademika menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para wisudawan, atas kesuksesan yang telah diraih. Tak lupa pula, ia menyematkan apresiasi kepada para pendamping wisudawan/wisudawati yang telah bekerja sama dengan kampus Unizar dalam mencetak lulusan-lulusan yang membanggakan.

“Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh wisudawan atas kesuksesan yang diraih di kampus Universitas Islam Al-Azhar begitu juga kepada para orang tua wali yang tanpa kenal lelah, mengantarkan putra putrinya dalam mencapai keberhasilan di kampus Unizar,” terangnya.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan sejumlah capaian yang diperoleh civitas akademika Unizar mulai dari pertukaran mahasiswa sejumlah 16 orang ke pulau Jawa dan 12 mahasiswa dari universitas di pulau Jawa yang mengikuti pertukaran pelajar di Unizar.

“Pada kesempatan kali ini kami sampaikan pula beberapa prestasi yang telah di raih oleh mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar sepanjang tahun 2021 di antaranya adalah Juara I Bulutangkis Putri dari Fakultas Ekonomi, Juara I dan Juara II Putri Indonesia Nusa Tenggara Barat dari Fakultas Kedokteran, Brand Ambassador Beasiswa NTB dari Fakultas Kedokteran, serta Juara V Tingkat Nasional Debat Konstitusi dari Fakultas Hukum,” ujarnya.

Selain itu, dipengujung tahun ini, Unizar telah bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB dalam menyelenggarakan event international berupa sustainable tourism international conference yang peserta dan pembicaranya berasal dari berbagai negara di antaranya adalah Australia, New Zealand, Vietnam, Turki dan berbagai negara lainnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar H Nanang Samodra menyampaikan dalam pidatonya beberapan pesan kepada setiap fakultas yang berada di lingkungan Unizar salah satunya adalah pesan kepada Dekan Fakultas Ekonomi yakni agar berpartisipasi dalam mempersiapkan Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah sebagai sebuah langkah awal pendirian sebuah fakultas baru kelak yaitu Fakultas Agama Islam.

Mengakhiri pidato, Nanang mengungkapkan rasa bangganya akan capaian demi capaian mahasiswa Unizar yang tentu kini membuat mereka bangga berkuliah di Unizar.

Momen upacara wisuda ini dirangkai dengan sejumlah acara menarik dan inspiratif. Misalnya, pidato wisuda yang dibacakan oleh wisudawan terbaik yakni Yudi Harmeka.

Dalam pidatonya, ia mengajak segenap hadirin untuk bersyukur dan merayakan capaian hidup mereka – bahwa capaian wisuda ini bukanlah perjalanan secara individu saja namun juga melibatkan peran banyak pihak seperti keluarga dan dosen. “Maka kelak jika kita melewati hal-hal sulit, ingatlah hari ini,” tandasnya (adi)