Undikma Gelar Wisuda ke-3, Alumni Siap Kontribusi untuk Pembangunan

WISUDA: Sebanyak 192 mahasiswa Undikma Mataram diwisuda, Senin (31/1), bertempat di ballroom Aruna Senggigi Resort & Convention, Lobar. (ist for radarlombok)

GIRI MENANG–Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram menggelar Wisuda Ke-3 Tahun Akademik 2021/2022, Senin 31 Januari 2022, di ballroom Aruna Senggigi Resort & Convention, Lombok Barat.

Pelaksanaan Wisuda ke-3 Undikma dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Para peserta juga harus telah divaksin.

Sebanyak 192 orang mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda terdiri dari Fakultas IlmunPendidikan dan Psikologi (FIPP) 35 orang, Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) 29 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) 43 orang, Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) 63 orang, dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 22 orang. Wisudawan dengan IPK Tertinggi diraih oleh mahasiswa Kedokteran Hewan, Fernando Jose Immanuel Clinto dengan IPK 3,89.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama yang juga Ketua Panitia Wisuda Undikma, Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd mengatakan, para mahasiswa yang diwisuda ini telah memenuhi syarat akademik dan semua ketentuan yang berlaku di Undikma, termasuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Selama pandemi mahasiswa yang diwisuda hari separuh waktu mengikuti pembelajaran online dengan kurikulum KKNI 4.0 yang diimplementasikan dalam bentuk Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” katanya.

Dijelaskan, bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain asistensi mengajar di Satuan Pendidikan, magang, Proyek Independen, pertukaran mahasiswa (kuliah di PT luar), membangun desa (KKNT) yang dikaitkan dengan pencegahan Covid-19.

BACA JUGA :  Undikma Siap Harumkan NTB di Ajang Anugerah Humas Diktiristek 2021

Alit Suarti juga menyampaikan terima kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Undikma.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemda Lombok Barat dan BPKAD Lombok Barat atas bantuan yang telah diberikan selama ini dalam bentuk bantuan pinjam pakai fasilitas untuk Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) di Gunung Sari,” katanya.

Sementara itu, Rektor Undikma Prof. Kusno, DEA.,Ph.D dalam pidato wisuda menyampaikan perkembangan Undikma dalam 2 tahun terakhir di sejumlah bidang.

Animo mendaftar di Undikma yang terus mengalami peningkatan menunjukan Undikma mampu bersaing di bidang pendidikan.

“Kami bangga ada perkembangan jumlah pendaftar mahasiswa yang setiap tahun mengalami peningkatan, termasuk prestasi yang diraih oleh mahasiswa, dan anugerah Humas Diktiristek 2021,” ungkapnya.

Prof Kusno berharap para wisudawan dan wisudawati Undikma bisa berkarya san berkontribusi positif bagi pembangunan ke depan. Terutama demi kemajuan daerah Nusa Tenggata Barat.

Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.Lalu Rusmiady, S.H.,M.M. dalam sambutannya menyampaikan selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan dan wisudawati beserta seluruh keluarga.

Ia mengapresiasi capaian dan prestasi oleh Rektor beserta seluruh jajaran baik dalam bidang akademik dan non akademik.

Di hadapan para wisidawan, Ketua Yayasan memberikan reward kepada Biro Humas Undikma yang berhasil meraih peringkat 5 Anugerah Humas PTS Se Indonesia kategori media sosial.

BACA JUGA :  Undikma Wisuda 303 Mahasiswa

Dalam kapasitas sebagai Koordinator Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (ABPTSI) wilayah Timur telah memfasilitasi Rektor Undikma dalam menjalin kerjasama dengan 75 perguruan tinggi di Indonesia.

“Karena saat ini, perguruan tinggi kalau mau maju harus melakukan kolaborasi antar sesama perguruan tinggi,” ujarnya.

H.L. Rusmiady juga mengingatkan agar alumni memiliki kepercayaan diri dan siap bersaing di tengah persaingan saat ini dan diwaktu mendatang.

Gubernur NTB yang diwakili oleh H. A. Aziz S.H.,M.H.Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Pemerintahan, Aparatur, Politik,Hukum dan Pelayanan Publik menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati Ke – 3 Undikma.

“Sesungguhnya wisuda adalah titik awal untuk mengarungi kehidupan ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Aziz mengapresiasi alumni Undikma yang telah berkiprah dalam banyak bidang untuk pembangunan Nusa Tenggara Barat.

Kepala Biro Humas Undikma Ismail Marzuki menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan wisuda.

“Terimakasih untuk semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan Wisuda Undikma. Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya yang menggunakan jalan di depan hotel Aruna karena perjalanan agak terhambat,” ujar Ismail. (RL)