UNDIKMA Bertabur Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Baru

Ismail Marzuki (FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)
Ismail Marzuki (FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)
Advertisement

MATARAM – Ditengah pandemi virus Corona (Covid-19), Universiatas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram yang merupakan gabungan dari dua kampus swasta ternama di NTB, yakni IKIP Mataram dan Universiatas NTB memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan. UNDIKMA membuka mendaftarkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan tiga pola layanan yang disiapkan, baik melalui layanan online maupun pendaftaran secara langsung.

Kepala Biro Humas UNDIKMA Mataram Ismail Marzuki menyampaikan, untuk jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru sudah disiapkan layanan PMB, baik secara langsung maupun secara online.

“Kami menyediakan tiga bentuk layanan PMB, yitu, bisa langsung daftar ke kampus, kedua bisa daftar dan tes online┬ádan ketiga bisa daftar melalui lembaga-lembaga mitra kami yang tersebar di seluruh wilayah NTB,” kata Ismail Marzuki di Mataram, Kamis (28/5).

menurut Ismail, bahwa ketiga pola layananan PMB tersebut, pada dasarnya semua sama. Hanya bentuk layanan saja yang membedakan. Untuk di mitra, pendaftar bisa daftar, langsung tes dan langsung mendapat hasil tes saat itu juga atau one day servis.

Disamping itu, lanjutnya, sebagai bentuk komitmen kampus dalam mengembangkan prestasi calon mahasiswa baru, UNDIKMA juga membuka jalur pendaftaran khusus bagi calon mahasiswa baru yang berprestasi dengan menyiapkan beasiswa. Untuk jadwal pendaftaran PMB pada tahun ini, dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama yang sudah berjalan sejak Desember 2019 sampai 31 Maret 2020 lalu. Kemudian gelombang kedua mulai 1 April sampai 30 Juni 2020 dan gelombong terakhir akan dibuka pada 1 Juli sampai 15 September 2020. Hal ini berlaku untuk semua fakultas dengan program studi yang ada di UNDIKMA.

“Ya kita sudah buka pendaftaran sejak awal Desember tahun lalu, hingga sekarang masih berjalan sampai September mendatang,” terangnya.

selanjutnya, untuk waktu pendaftaran sudah ditentukan sesuai dengan jadwal yang ada. Mulai pukul 08: 00 sampai 16: 00 Wita setiap hari kerja bertempat di kampus UNDIKMA gedung Rektorat II Seketariat Lembaga mitra PMB Undikma 2020. Bagi calon mahasiswa baru yang ingin daftar langsung ke kampus di Mataram bisa langsung ke Gedung Rektorat sesuai hari kerja setiap hari, tapi kalau yang daftar melalui mitra disesuaikan disetiap wilayah masing-masing. Begitupun yang online bisa diakses setiap saat.

Marzuki menambahkan, berbagai beasiswa ada di UNDIKMA, mulai dari beasiswa, Bidikmisi, PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), beasiswa instansi lainnya yang secara aktif ditawarkan ke mahasiswa UNDIKMA. Kemudian beasiswa prestasi dari Yayasan seperti, beasiswa Tahfidz AlQuran bebas biaya kuliah untuk 30 Juz 8 semester, 20 Juz 4 semester, 10 Juz 2 semester, 5 Juz 1 semester.

Selanjutnya, Beasiswa Prestasi dalam bidang Pendidikan, Sains, Teknik, Olahraga, Seni budaya, Manajemen, dan Bisnis. Bagi yang mendapatkan juara Internasional dengan raihan prestasi juara 1 bebas biaya kuliah 8 semester, juara 2 bebas biaya kuliah 7 semester, Juara 3 bebas biaya kuliah 6 semester. Sedangkan bagi mahsiswa yang meraih perstasi ditingkat Nasional, untuk juara 1 bebas biaya kuliah 4 semester, juara 2 bebas biaya kuliah 3 semester dan juara 3 bebas biaya kuliah 2 semester.

Sementara, bagi mahasiwa yang meraih prestasi ditingkat Regional dan Provinsi dengan mendapatkan, juara 1 Regional bebas biaya kuliah 2 semester, juara 1 Provinsi bebas biaya kuliah 1 semester. (sal)