UMM Ikut Semarakan Hardiknas di Loteng

PRAYA—Universitas Muhammaddiyah Mataram (UMM) pada puncak peringatan acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kemarin, Senin (2/5) di di lapangan Mandalika, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng) turut ambil bagian.

Momentum ini dipergunakan dengan menggelar promosi tentang pendidikan. Mengingat dalam waktu dekat UMM bakal membuka pendaftaran calon mahasiswa.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM, Hafsah SPd MPd mengatakan, momentum Hardiknas sengaja digunakan sebagai ajang sosialisasi keberadaan kampusnya. Di kampus yang terletak di Pagesangan Mataram ini, dipastikan akan membuka banyak jurusan dari berbagai fakultas.

“Saat kami menyodorkan surat pemberitahuan, malah pihak panitia sendiri yang lebih setuju, sebab momentum Hardiknas ini, erat kaitannya dengan apa yang kami promosikan ini,” ungkapnya, Senin (2/5).

Untuk mempromosikan jurusan baru, pihaknya sudah memasang beberapa spanduk yang bertuliskan ucapan dan nama-nama jurusan yang ada di Muhammaddiyah. Selain itu beberapa hasil penemuan atau kajian dari mahasiswa juga ikut dipertontonkan kepada khalayak ramai.

“Promosi ini tidak kami lakukan pada puncak kegiatan saja. Namun sebelumnya kita juga sudah lakukan kepada masyarakat saat berkunjung ke lapangan ini,” jelasnya.

Adapun jurusan yang akan dibuka sebanyak 7 bidang. Diantaranya, keguruan ilmu pendidikan, pertanian dan teknik, pisikpol, hukum dan agama Islam, ilmu kesehatan dan yang lainnya. Dari 7 jurusan tersebut juga terbagi dalam beberapa program, diantaranya pendidikan guru sekolah dasar, bahasa Inggris, geografi dan seterusnya. “Semua jurusan yang ada sudah terakriditasi B,” imbuhnya.

Dengan nilai akreditasi ini, sambungnya, tentunya telah mampu membuat mahasiswa terus berdatangan mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa. Ini mengingat kapasitas kampus ini cukup dipandang.

Untuk memperoleh nilai akreditasi B, ujarnya, tidak terlalu berat bagi UMM. Ini karena kondisi internal di kampus ini terkait layanan pendidikan sudah sangat baik.

Hafsah menambahkan, saat ini beberapa jurusan yang sudah mengantongi akriditasi B. Jurusan-jurusan ini juga sedang menunggu hasil penilaian yang telah dilakukan pusat beberapa waktu lalu, dimana jurusan yang sudah Akriditasi B bakal berubah menjadi akriditasi A Plus.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Loteng, H Muhammad Amin yang sekalgus sebagai ketua Muhammaddiyah Loteng menyebutkan, pihaknya hanya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penguruan kampus Muhammaddiyah yang ada di Mataram. Keterlibatannya dalam kegiatan Hardiknas juga disebutnya sebagai bentuk kepedulian sarikat Muhammadiyah terhadap dunia pendidikan. (cr-ap/*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid