MATARAM – Sejak Juli 2023, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menjadikan wilayah Nusa Tenggara sebagai fokus perluasan jangkauan serta peningkatan kualitas jaringan. Melalui kedua brand-nya, IM3 dan Tri, Indosat berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience bagi masyarakat Nusa Tenggara.
Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan Elny Widjaja mengaku mengamati bahwa trafik data Indosat meningkat signifikan di wilayah Nusa Tenggara, pasca fokus memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas jaringan. Hal ini menunjukkan semakin banyak masyarakat Nusa Tenggara yang beraktivitas secara digital menggunakan layanan Indosat.
“Kami berharap upaya ini dapat menciptakan nilai bersama untuk memberdayakan komunitas lokal serta dapat terus menciptakan dampak positif bagi perekonomian di berbagai sektor di wilayah Nusa Tenggara, seiring dengan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Elny.
Ia menyebut jika kini seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan 86 kecamatan menjadi 307 kecamatan dan tambahan 248 desa menjadi 1.089 desa di wilayah Nusa Tenggara. Dengan perluasan jaringan ini, Indosat berkomitmen untuk mendukung pengoptimalan potensi perekonomian di berbagai pelosok Nusa Tenggara, termasuk potensi UMKM dan pariwisata.
Tidak hanya dari sisi jaringan, Indosat juga mencatatkan penambahan 131 Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk baru di wilayah Nusa Tenggara. Sementara itu, jumlah outlet baru yang menjual berbagai produk IM3 dan Tri juga tercatat bertambah lebih dari 4.700 outlet. Selain untuk mendekatkan pelanggan di pelosok pedesaan dengan layanan Indosat, upaya ini juga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Nusa Tenggara, dan berdampak lebih lanjut bagi peningkatan pendapatan masyarakat.
Khusus di Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), tercatat peningkatan jumlah BTS 4G sebesar 15% sejak Juli 2023, yang kini telah menjangkau lebih dari 89% populasi masyarakat NTB. Semakin luasnya jaringan Indosat ini diikuti dengan peningkatan trafik data yang mencapai 46%, mengindikasikan kepercayaan masyarakat NTB yang semakin besar terhadap layanan Indosat. Selain melakukan perluasan jangkauan dan peningkatan kualitas jaringan, Indosat juga terus berupaya memaksimalkan pelayanan hingga ke pelosok pedesaan di wilayah NTB dengan membuka 41 Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk, serta menambah lebih dari 1.800 outlet yang menjual produk IM3 dan Tri.
“Upaya ini diharapkan dapat menciptakan nilai bersama untuk memberdayakan komunitas lokal,” harapnya.
Salah satu mitra Indosat, Muhlis (43), pemiliik 3Kiosk di Kecamatan Kediri, Lombok Barat mengatakan, tahun lalu ketika Tri hadir di Lombok Timur ia tertarik untuk bermitra karena melihat peluang bagus.
“Hingga saat ini omzet yang saya peroleh cukup memuaskan. Dalam sebulan ada lebih dari 100 pelanggan yang datang ke 3Kiosk yang saya kelola. Mereka sebagian besar menggunakan layanan ganti beli kartu, ganti kartu sim, hingga pembelian voucher pulsa,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua UMKM Pagutan Bersyariah, Ahmad Jupri (48), menjelaskan sejak workshop UMKM yang diberikan oleh IM3 pada Juli 2023 lalu, para pelaku UMKM mendapatkan wawasan baru dalam memasarkan produk yang berdampak pada peningkatan penjualan hingga 40%.
“Kami berharap pelatihan serupa dapat diadakan kembali agar kami dapat semakin cepat beradaptasi menjadi masyarakat digital,” imbuhnya. (luk)