UMKM Gagal Bangkit di NTB Expo 2018

UMKM Kecewa Pengunjung Sepi

Meskipun pada hari pertama ramai ketika acara pembukaan yang banyak datang adalah PNS dan pejabat, tetapi tidak ada yang membeli. Dibandingkan dengan pelaksanaan NTB Expo tahun 2017 lalu, cukup ramai.Tapi NTB Expo sekarang ini jauh dari harapan dan kondisinya sepi sekali.

“Pengunjung yang datang belanja sepi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi NTB H Lalu Saswadi menjelaskan pemilihan lokasi di Banyumulek Lombok Barat ini merupkan awal untuk memperkenalkan tempat tersebut pada masyarakat.

“Koordinasi awal yang belum maksimal,” ucap Saswadi.

Dijelaskannya, jika dibandingkan dengan pelaksanaan NTB Expo tahun 2017 lalu, maka perbedaannya tidak terlalu jauh, walaupun banyak diantaranya stand UMKM yang telah tutup lebih awal sebelum penutupan dilaksanakan. Hanya saja perbedaan NTB Expo tahun 2017 dengan 2018 sekarang ini adalah, karena dulu itu jadwal pelaksanaanya jelas, dan orang-orang dari daerah lain banyak yang hadir. Kalau NTB Expo tahun 2018 ini, karena terlalu lama di undur, mengejar ulang tahun NTB saja, itu pun titik-titik kepastiannya baru belakangan dipastikan dan ditetapkan di Banyumulek.

Menurutnya, jika persiapannya secara matang otomatis banyak dari para pelaku usaha dari luar daerah datang dan NTB Expo 2018 ini jauh dari target datangnya pengunjung. Sehingga mereka bisa merancang bagaimana persiapannya.

“Kalau ini kan tidak ada kepasatian, hingga akhirnya banyak orang yang mundur,”  ucap Saswadi berkilah. (cr-dev)

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid