Umat Budha Lobar Kutuk Tragedi Rohingya

Umat Budha Lobar Kutuk Tragedi Rohingya
KUTUK : Foto bersama Kepala Bakesbangpol Lobar H. M. Taufiq, Kepala Satuan Intelijen Polres Lobar AKP Iwan Sugiyanto dan perwakilan Umat Budha Lobar di Kantor Bakesbangpol Lobar, Senin (4/9). (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Umat Buddha Lombok Barat mengutuk tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis muslim Rohingya di Myanmar. Pernyataan sikap ini disampaikan langsung Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Lobar Nasib bersama Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gema Buddhis) NTB serta sejumlah Umat Buddha Lobar di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lobar, Senin (4/9). “Pertama kami mengutuk tindakan itu. Kalau ada biksu yang melakukan tindakan penganiayaan, dia bukanlah biksu dalam agama Budha tetapi memanfaatkan Budha untuk kepentingan pribadinya,” tegas Nasib.

Ditegaskannya pula, Agama Budha sangat menentang kekerasan. Apalagi sampai terjadi pembunuhan, penyiksaan dan lain sebagainya. Oleh karena itu atas nama Umat Budha Lobar dirinya meminta agar Pemkab Lobar bisa meneruskan aspirasi ke pemerintah pusat, menyampaikan pesan supaya Pemerintah Myanmar menghentikan tindakan kekerasan dan memberikan hak hidup sama serta perlindungan dari negara kepada Etnis Rohingya. “Kita juga meminta agar Pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah-langkah strategis, bahkan bila perlu memutuskan hubungan diplomatik dengan Birma,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Gema Buddhis NTB Adi Saputra pun mengajak masyarakat NTB untuk menjaga dan memelihara perdamaian dan harmoni dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kerukunan sebagai ciri mulia warga NTB yang religius.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid