Ulama NU Dukung Pathul-Nursiah

DUKUNGAN: Para Tuan Guru, Pengurus Cabang NU, dan berbagai tokoh NU, saat melaksanakan rapat konsolidasi memberikan dukungan kepada Pathul- Nursiah, Rabu kemarin (24/6).( M.HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)
DUKUNGAN: Para Tuan Guru, Pengurus Cabang NU, dan berbagai tokoh NU, saat melaksanakan rapat konsolidasi memberikan dukungan kepada Pathul- Nursiah, Rabu kemarin (24/6).( M.HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)
Advertisement

PRAYA—Para Tuan Guru dan Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Lombok Tengah (Loteng), yang terdiri dari berbagai Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes), memberikan dukungan penuh kepada Wakil Bupati Lombok Tengah saat ini, Lalu Pathul Bahri (LBP), dan Sekretaris Daerah (Sekda) saat ini, HM Nursiah, untuk maju di Pilkada Loteng mendatang.

Dukungan itu diberikan dalam bentuk rekomendasi, yang  mereka sampaikan ke PBNU dan Parpol pengusung. Dukungan memang tidak secara lembaga NU mereka berikan, akan tetapi sebagai tokoh nahdliyin yang ingin menjadikan LPB-Nursiah, sebagai Bupati dan wakil Bupati Lombok Tengah. Artinya, mereka tidak secara lembaga NU memberikan rekomendasi, karena memang NU tidak terlibat langsung dalam politik praktis.

Rais Syuriah PC NU Loteng, TGH Ma’rif Makmum, menegaskan jika pihaknya sudah melakukan rapat konsolidasi bersama para Tuan Guru, tokoh masyarakat, Banom, serta Lembaga/Pimpinan Ponpes yang bernaung di PC NU Loteng. Hasilnya disepakati jika mereka akan berjuang untuk memenangkan Pathul-Nursiah.

“Secara institusi memang tidak mendukung siapapun. Tetapi kami mohon kepada Pengurus Cabang untuk menyampaikan ke PBNU, terkait keinginan kami menjadikan kader nahdliyin, yakni Pathul-Nursiah menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah,” ungkap Ma’rif Makmum, saat melakukan rapat konsolidasi di Kantor PC NU Loteng, Rabu kemarin (24/6).

Pihaknya menegaskan, para tokoh NU ini berkeinginan menjadikan Pathul-Nursiah maju di Pilkada Loteng mendatang. Karena selama ini pihaknya melihat kontribusi nyata sudah dilakukan oleh Pathul Bahri dalam membesarkan NU. Salah satu contoh, tanah yang menjadi lokasi berdirinya PC NU Lombok Tengah, tidak terlepas dari perjuangan Pathul Bahri selama menjadi Wakil Bupati.

“Keinginan para Pimpinan Ponpes ini kami minta untuk disampaikan ke Parpol yang akan menjadi pengusung, agar mereka merekomendasikan paket ini. Kita berharap agar para nahdliyin tetap kompak untuk memenangkan paket ini. Karena ini kehendak dari warga nahdliyin juga,” terangnya.

Lebih jauh disampaikan, selain menyampaikan keinginan kepada PBNU dan Parpol. Mereka juga akan berkomitmen untuk berjuang bersama dalam memenangkan paket ini. Karena memang basis NU tidak bisa dipungkiri sangat besar di Lombok Tengah. “Berbagai Pimpinan Ponpes ini memiliki hajatan untuk menjadikan Pathul-Nursiah jadi Bupati dan Wakil Bupati, dan telah sepakat untuk kita sama-sama berjuang,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Muhtasyar PC NU Loteng, Drs H Jamiluddin. Pihaknya menegaskan jika keputusan yang sudah diambil oleh para tokoh ini harus dipatuhi, dan dijalankan. Dimana para nahdliyin harus tetap kompak dan bersatu untuk memenangkan Pathul-Nursiah nantinya.

“Kita sudah banyak pelajaran selama ini. Maka kita harus kompak memenangkan paket Pathul-Nursiah. Apalagi Lombok Tengah merupakan basis NU. Maka sebagai tokoh, wajib menyampaikan kesepakatan ini kepada warga nahdliyin dimanapun berada, hingga pelosok desa, untuk kita sama- sama berjuang,” ungkapnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid