Ujian Semester Hari Ketiga Lancar

Ilustrasi Ujian Semester

MATARAM—Memasuki hari ketiga ujian semester jenjang pendidikan SMP di Kota Mataram tidak ada kendala. Proses ujian berlangsung lancar.

Di SMPN 13 Mataram misalnya. Proses ujian semester di sekolah ini tertib dan terkendali. Semua siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian juga hadir.

“Dari 300-an siswa kita yang ikut semester semuanya hadir. Tidak ada satu pun yang absen,” kata Kepala SMPn 13 Mataram, H. Raden Dodik Satrijo Wibowo, Rabu (7/6).

Selain tingkat kehadiran siswa yang stabil, Dodik juga menilai hasil ujian siswanya di setiap mata pelajaran cukup baik. Hasil ujian siswa dianggap relatif meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tren peningkatan nilai ujian, jelasnya, tidak lepas karena siswa dianggap lebih fokus menjalankan ujian. Di lain sisi, soal yang diujikan selaras dengan materi pelajaran yang diterima siswa sebelumnya.

BACA JUGA :  Status Vokasi Unram Bakal Diubah

Katanya, saat pembuatan soal ujian, pihaknya melibatkan tim MGMP Kota Mataram. Diantaranya seperti mata pelajaran Agama, PKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Keenam mata pelajaran tersebut benar-benar diatur dan disesuaikan dengan materi-materi yang telah dipelajari siswa.

Tak heran jika praktik atau pelaksanaan ujian berlangsung maksimal. Ini karena isi soal diselaraskan dengan materi pelajaran siswa.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram, H. Lalu Muhamad Sidik mengatakan, hasil pantauan pihaknya di beberapa SMP tidak ditemukan kendala. Baik jenjang pendidikan SD dan SMP.

Meski tak menemukan adanya kendala berarti, ia menyebut ada saja kendala kecil yang ditemui sekolah. Seperti siswa yang tidak masuk lantaran tidak masuk ujian.

“Cuma sebatas itu kendala yang dialami sekolah,” tandasnya. (cr-rie)