UIN Mataram Siapkan 3.000 Kursi Calon Maba

H Subuh 9 (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada tahun akademik 2021/2020 akan menyiapkan kuota calon mahasiswa baru sebanyak 3.000 orang melalui tiga jalur pendaftaran.

Kepala Bagian Umum Akademik dan Kerja Sama UIN Mataram H Subuh mengatakan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, diantaranya, pertama melalui seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan islam negeri (SPANPTKIN), kedua seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN) dan seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Mandiri. Dari tiga jalur ini memiliki kuota untuk SPANPKIN 40 persen, UMPTKIN, 40 persen dan SPMB Mandiri 20 persen.

“Khusus untuk SPANPTKIN yang mendaptar di UIN Mataram sebanyak 2.800 orang dan pengumumannya pada 9 April 2021 di Jakarta dan kuotanya hanya 1.100 orang mahasiswa baru (maba),” kata H Subuh kepada Radar Lombok, kemarin.

BACA JUGA :  Pelaksanaan US di SMPN 1 Tanjung Berjalan Lancar

Dijelaskan Subuh, sistem SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menag RI dan peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Pedaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-SPTKIN ini dibuka pada 19 Januari hingga 15 Maret 2021. Selanjutnya pada tanggal 9 April pengumuman secara online, dan khusus di UIN Mataram mendapatkan kuota mahasiswa baru sebanyak 1.100 orang.

BACA JUGA :  Jalur BL Diharapkan Bebas Pungutan

Sementara itu, untuk seleksi jalur UMPTKIN dimulai pada 1 -30 April dan sekarang ini masih dalam proses penerimaan pendaftaran. Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMPTKIN ini adalah 40 persen atau sebanyak 1.100 orang. Selanjutnya, melalui jalur seleksi SPMB sebesar 20 persen atau sebanyak 800 orang.

“Jadi jumlah mahasiswabaru yang diterima di UIN Mataram pada tahun akademik 2021/202 sebanyak 3000 orang dari tiga jalur seleksi penerimaan,” pungkasnya. (adi)