UIN Mataram Harus Kerja Ekstra untuk Jadi Kampus Terbaik

Prof H Masnun
Prof H Masnun

MATARAM – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof H Masnun mengakui perangkingan yang dilakukan oleh berbagai lembaga baik rangking nasional maupun Internasional belum masuk nominasi perguruan terbaik. hal ini tentunya mempunyai tantangan sendiri sehingga membutuhkan kerja ekstra supaya bisa masuk 100 perguruan tinggi terbaik Nasional.

“Kami harus kerja ekstra supaya bisa masuk nominasi menjadi perguruan tinggi terbaik,” ungkap Prof H Masnun Kepada Radar Lombok, Rabu (19/8).

Menurut Prof Masnun, ada beberapa faktor penyebabnya sehingga UIN Mataram belum masuk nominasi 100 perguruan tinggi terbaik. adapun faktor diantaranya, Sumber Daya Manusia (SDM), akreditasi insitusi dan juga publikasi ditingkatkan.

Selain tetap memelihara tradisi yang baik dan mengembangkan inovasi yang lebih baik apalagi dalam rangka implementasi pesan Menteri Agama (Menag) RI. Selain itu, Ketua PWNU NTB juga menjabarkan terkait dengan visi untuk memajukan UIN Mataram sebagai Perguruan Tinggi Islam yang Unggul, Inovatif dan Berdaya saing yang dijiwai nilai-nilai Pancasila dan Moderasi Beragama.

Dalam mengimpelementasikan visi tersebut dengan misi diantaranya, mengembangkan pengajaran dan pendidikan dalam studi keislaman dan ilmu pengetahuan yang integratif dan moderat, Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di lingkungan universitas bagi terwujudnya kampus unggul dan berdaya saing. Selanjutnya mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang integratif dan inovatif, membangun kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai pihak bagi tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya meningkatkan sistem tata kelola kampus yang profesional (quality and good governance) berbasis teknologi informasi, mengembangkan berbagai fasilitas universitas untuk dapat dilaksanakannya pembelajaran berbasis Kampus Merdeka dan tercapaianya iklim akademik yang baik bagi pencapaian kompetensi lulusan yang diakui secara nasional. serta meningkatkan produktifitas aset bagi terwujudnya tata kelola BLU yang baik dan meningkatkan peran serta universitas dalam penyelesaian persoalan masyarakat bagi terwujudnya masyarakat berperadaban.

Oleh karena itu, semua program unggulan 2021 – 2025, baik secara internal maupun eksternal. Untuk internal sendiri diantaranya, pengembangan kampus digital, penguatan akreditasi dan penguatan SDM. Selanjutnya di eksternal, yakni optimalisasi kemitraan strategis, regional recognition dan branding kampus UIN Mataram.

“UIN Mataram mempunyai potensi yang bagus, namun bagaimana meramu semua potensi yang dimiliki agar bisa menjadi kampus yang masuk nominasi terbaik nasional maupun Internasional. Itu semua akan kita ikhtiarkan bersama semua civitas akdemika UIN Mataram,” tandasnya. (adi)

BACA JUGA :  Gedung Kampus UIN Dirusak, Kerugian Rp 1 M